Pages

Cek Kesehatan Ke Laboratorium Kesehatan Jawa Barat

Saya adalah anak dari orangtua yang memiliki diabetes, asam urat, dan kolesterol. Almarhum Ayah saya stroke. Kesadaran untuk merawat kesehatan semakin kuat terpicu ketika beberapa waktu lalu, kakak kandung saya diambil Alloh dengan mendadak.

Batas umur adalah ketentuan Alloh, akan tetapi sebagai manusia yang diberikan "gift" kehidupan tentu ikhtiar kita adalah menjaga kesehatan. Dan obrolan Saya dan Akang pada Januari lalu, mengkerucut pada berusaha sehat dan menua bersama.

Akhirnya melakukan pemeriksaan darah standar seperti gula darah, kolesterol dan asam urat. Saya memutuskan periksa di laboratorium kesehatan provinsi Jawa Barat.

*Gedung Laboratorium Kesehatan Jawa Barat

Menuju ke Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat
Kalau kamu dari arah pasir kaliki, laboratorium berada di jl. Sederhana di lingkungan Rumah Sakit Hasan Sadikin berseberangan jalan dengan Gedung Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran.

Angkot yang melintas dari arah pasir kaliki yang melintas di hasan sadikin melewati laboratorium kesehatan ini. Setidaknya kalau bingung, turun di Rumah sakit Hasan sadikin dan silahkan menanyakan pada satpam dimana laboratorium kesehatan Jawa Barat.

*papan nama laboratorium sudah bisa terlihat

Antri pendaftaran
Nomer antrian bisa diambil mulai dari pukul 06.00 wib. Untuk pemeriksaan laboratorium dimulai sejak 07.30 wib -16.00wib. Hasil pemeriksaan laboratorium biasanya sudah bisa diambil pada jam 16.00wib.

*menunggu antrian pendaftaran

Ketika pendaftaran,untuk yang pertama kali kesini akan di data terlebih dulu. Jangan lupa untuk membawa data diri/KTP dan no telepon yang bisa dihubungi.

Tempatnya cukup nyaman kok, Saya juga mengajak Idlan menunggu disini ketika antri pendaftaran. Ngantrinya juga masih dalam tahap yang wajar.

Ambu Cek darah
Untuk pemeriksaan darah sebelumnya diharuskan puasa 10-12jam. Saya sampai di sana jam 9.15 wib dan belum sarapan. Akang tidak ikut diambil sampel darah karena sebelum berangkat ke laboratorium doi makan bolu gulung, padahal sudah dibilangin jangan makan 😥.

Mengambil nomer antrian pendaftaran dan mendapat nomer 63. Beruntung antrian tidak terlalu panjang walaupun saya masih harus menunggu antrian 10 nomer ke depan. Setelah daftar, saya dipanggil untuk membayar tagihan.

Kaget! Untuk periksaan darah: gula darah, asam urat, dan kolesterol general hanya 34ribu. Ibu saya untuk pemeriksaan ini di sebuah laboratorium swasta ternama harus merogoh kantong dalam hitungan ratusan ribu. Ini laboratorium ini harganya jauuuuuuuh lebih murah.

*tagihan pemeriksaan laboratorium

*tarif laboratorium

Setelah membayar tagihan saya masih harus menunggu, dan akhirnya dipanggil untuk diambil sampel darah. Dan tepat jam 10.00 wib saya selesai. Alhamdulillah pelayanannya juga cukup bagus. Sakit? Iya atuh sakit, tapi sedikit sakit tidak mengapa supaya saya mengetahui kondisi tubuh Saya.

*petugas yang mengambil sampel darah

Hasil tes sudah bisa diambil di hari yang sama pukul 16.00-20.00wib. Dan saya mengambilnya di keesokan hari, bersama Akang yang akhirnya "mau" diajak pemeriksaan darah juga. Fiuuh.

Hasil Tes Darah
Ketika Saya mengambil hasil tes darah, Antrian pendaftaran padat. Kami datang pukul 8.00wib dan Akang  mendapat nomer antrian 62. Masih harus menunggu 20 nomer lagi. Antriannya memang lebih padat daripada hari sebelumnya, tetapi masih  cukup kondusif.

Untuk hasil tes bisa diambil ke petugas tanpa harus mengantri lama. Selama menunggu Akang saya menyuapi Idlan makan bekal sarapannya. Sambil memperhatikan orang-orang berlalu. Semoga yang sakit diberikan kesehatan, dan semoga Alloh senantiasa memberikan sehat kepada kita semua.

*Hasil pemeriksaan darah Ambu

Hasil tes darah saya yang paling berada di ambang batas adalah asam urat. Memang badan saya sedang kerasa sakit di seputar persendian. Dan sedang lahap sekali makan-makanan yang setelah baca memicu asam urat, seperti kol. Nah kalau Saya tidak periksa saya tidak akan mengetahui kondisi ini.

Berikutnya insyaalloh saya mau membawa hasil pemeriksaan ini ke dokter Rayya, avasinolog. Kalau kamu kapan mau memeriksakan kesehatanmu? 😁

Ini cerita Ambu, karena setiap Ibu punya cerita.

Alamat
Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat
Jl. Sederhana no. 3-5 Sukajadi Bandung 40161
Telp. 022 2033517, 2033918, 2033717
Fax. 022 2033717
Email: labkesbd@indo.net.id

Mansu Kids

9 komentar:

  1. Semoga sehat selalu, Ambu. Kayaknya harus periksa juga nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, doa kebaikan juga buat kaka.
      Iya mumpung masih muda, keluhan bisa ditanggulangin sedini mungkin, semoga alloh ridho dengan ikhtiar kita 😘

      Hapus
  2. makasih ambu info nya, akupun sama pak suami pengen general check up, pas nemu postingan ini bisa jadi alternatif ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samisami buev..
      Asal datangnya pagi, ngantrinya pun masih wajar sih klo kata ien mah 😘

      Hapus
  3. ambuuuu dan pak iman semoga sehat selalu yaaaa <3
    mesti banget nih ngerayu pak ery biar mau periksa gini ginian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin allohumma aamiin <3,
      Doa kebaikan juga buat buajeng pakery dan keluarga.
      Ayooo dirayu buajeng, kalo ada keluhan biar segera dicegah dr awal. Semoga alloh ridho dengan ikhtiar kita utk sehat.

      Hapus
  4. Yeay, jadi juga ;) Hihi..
    Lebih murah jauh banget ya biayanya, disini aja sekitar 120rb :D
    Mungkin perlu berkala ya periksa begini? Kan kita jadi bisa lebih aware, lebih ngejaga dan memilih makanan kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cifer, selisihnya bisa buat jajan Idlan, lumayan.
      Iya kudu rutim kayanya minimal 6bulan sekali mah
      Dan aku asam urat huhuuuu 😥😥

      Hapus
  5. Wow, murah sekali biayanya.. Info di blog ini akan saya catat untuk referensi yaa.. Terima kasih. :D

    BalasHapus