Pages

Berkunjung Ke Dokter Anak dr. Frecillia Regina

Idlan kecil memang jarang ke dokter. Alhamdulillah walaupun berat badan Idlan di grafik tumbuh kembang seringkali ada di garis antara warna kuning dan hijau, Idlan terhitung jarang ke dokter.

Perkenalan Idlan pertama kali dengan dr. Frecillia Regina, Sp.A., IBCLC ketika usia 1tahun. Kami mengunjungi beliau Pertama kali di Parahiyangan Medical Center. Dokter Frecillia memang dokter anak yang hits di Bandung.

dr. Frecillia Regina, Sp.A., IBCLC
dr. Frecillia Regina, Sp.A., IBCLC adalah dokter yang terkenal dengan rational use of medicine (RUM). Lah ngapain ke dokter kalo ga dikasih obat? Apalagi dokter Anak yang RUM biasanya ngantrinya panjaaang 😂.

Seingat saya yang pernah saya baca di kicauan twitter dr. Frecillia dulu, RUM itu sebenarnya penggunaan obat secara rasional. Pasien mendapatkan terapi sesuai dengan diagnosa penyakit. Mendapatkan obat dengan dosis dan jangka waktu yang benar. Bukan karena pro RUM dosis obat menjadi sedikit, bukannya sembuh tapi obatnya masuk sia-sia ke tubuh anak. Ya karena kalah kuat obatnya sama kuman penyakit gitu aja deh analoginya.

Selain RUM, dr. Frecillia juga konsultan laktasi, beliau aktivis ASI banget. Beliau seringkali mengikuti seminar dan mengisi seminar terkait ASI. Beliau selalu mengedepankan untuk menjadi orangtua yang pintar, terutama terkait kesehatan anak. Untuk seminar-seminar beliau bisa stalking di Instagram beliau.

Oh iya, pada saat saya menulis artikel ini beliau sedang hamil, dan semoga proses persalinan dokter baik ini lancar. Semoga Ibu dan bayinya sehat 🙏🏻🙏.


Idlan dan BAB
Akhir Maret Idlan muntah, kemudian BAB terus menerus. Gejala sakitnya persis sama ketika awal november 2016 ketika akhirnya kami bawa ke UGD dan September 2016. Ketika itu kebetulan masing-masing hari libur dan dokter frecilia cuti. Rasanya patah hati harus mempercayakan Idlan pada dokter lain yang treatmentnya tidak sekece dokter Frecillia.

Dan kali ini saya menghubungi Klinik Parahiyangan Medical Center, ternyata Dokternya sudah tidak bertugas di sana. Akang menawarkan dokter anak lain, saya keukeuh mau ke dokter Frecil. Terakhir kunjungan ke doktef ketika ke UGD, meninggalkan trauma buat Idlan, nah dokter frecill tuh Friendly banget sama anak-anak ini point banget deh. Harapan saya sih ke dr. Frecillia bisa mendapatkan jawaban, kenapa sakitnya idlan berulang lagi dengan gejala yang hampir sama. Muntah dan diare, ujungnya berat badan Idlan susah sekali untuk naik.

Dan karena ke dokter Frecillia sudah kebanyang antriannya. Apalagi dr. Frecillia tipe dokter yang membatasi pasiennya dalam sehari. Jadi beliau memang ga praktek banyak-banyak.

Akhirnya saya mengontak dr. Frecillia, melalui aplikasi Whatssapp. Yes! Beliau membalas dan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan Feses. Saya sekalian bertanya bagaimana prosedur daftar kunjungan ke dr. Frecilla.

Dokternya ga pelit informasi dan mau ngebalesin whatsApp emak-emak galau kaya saya 😜.*noted banget, jadi memudahkan saya banget kan, dan ketika kami berkunjung ke beliau Sudah membawa hasil laboratorium.

*tempat tunggu ruang praktek dr. Frecillia Regina di Limijati

Membuat Kartu Berobat
Ini ketentuan di Rumah Sakit Limijati tempat dr. Frecillia bertugas. Setelah memiliki kartu ini, pendaftaran pasien bisa melalui SMS dengan format sms tepat di Jam 7 pagi, dan pasien yang mendapatkan nomor antrian hanya 25 orang pertama saja. Kaya polling pengumpulan suara kontes nyanyi di televisi deh 😂.

*Kartu Berobat Limijati

Eh tapi beneran kalau sudah punya kartu ini, menguntungkan banget. Belum tentu datang pagi-pagi dan dapat nomor antrian. Saya sms jam 07.01 WIB dan jengjeeeng, dan dapat sms balasan pemberitahuan nomor 13. Antara pengen ngakak dan bersyukur, perjuangan banget mau ketemu dokter favorit 😍.

*SMS Balasan untuk nomor Antrian

Akhirnya Kami baru dapat giliran di jam 13.00 WIB. Sengaja saya minta ditukar dengan nomer setelahnya sambil menunggu Akang solat jumat. Idlan sudah mulai banyak drama, mulai ngeh dia mau dibawa masuk ke ruang dokter.


*cara Idlan menikmati kesenangannya

Akhir pas nomor antrian dipanggil, Idlan nangis ga mau masuk ke ruang praktek dokter. Saya dan Akang berusaha membujuk. Agak bingung juga, akhirnya dokter Frecillia bilang Ibunya aja yang konsultasi, dan beliau merayu Idlan dengan sticker cars kesukaan Idlan. Akhirnya Idlan lebih tenang dan tidak menangis lagi.


Saya kembali ceritakan keluhan Idlan dan memberikan hasil laboratorium, dan kemudian dr. Frecillia memeriksa Idlan diluar kamar periksa sambil mengajak bicara Idlan. Ajaib! Idlan nurut.

Ketika pamit pulang pun Idlan sudah mau salim dengan tante dokter Frecillia. Hasil pemeriksaan, diagnosa beliau idlan terinfeksi bakteri Amoeba. Di cerita selanjutnya ya saya lanjutkan (insyaalloh).

*sticker cars dari tante dokter Frecillia

Muka Idlan Happy begini, sudah tau ya jawabannya, kenapa dr. Frecillia Regina, Sp.A., IBCLC menjadi dokter anak paling hits di Bandung <3.

Ini cerita Ambu, karena setiap Ibu punya cerita.

:: Bandung, 16 April 2017::

Alamat praktek 
dr. Frecillia Regina, SP. A., IBCLC.
Rumah Sakit Ibu dan Anak Limijati
Jl. RE. Martadinata no. 39 Bandung
Praktek Senin- Jumat
Jam 08.00wib-14.00wib


Mansu Kids

13 komentar:

  1. Ini toh dokter anak yang lagi ngehits ituuu... boleh aku share ke grup FBku ga Ien?

    BalasHapus
  2. Cucu saya juga ke Dr. Frecilia. Bbrp kali ikut nganter kalo imunisasi. Saklek tapi ramah banget. Anti sufor dan hati2 banget ngasih obat, terutama antibiotik. Kami cocok sama DSA ini. Semoga Idlan sehat terus yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saklek tapi baik hati kaya peri 😍

      Aamiin terimakasih oma.

      Hapus
  3. Mbak kalau boleh tau di limijati hari apa aja ya dr. Frecillia praktek dan dr jam brpa sampai jam brapa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mom,
      Beliau praktek senin-jumat dari pagi sampai jam 1.

      Sementara ini cuma utk pasien sehat yang inging konsultasi atau vaksinasi aja.

      Lebih lengkapnya hubungi limijati aja ya 😆

      Hapus
  4. Klo no ho buat daftarnya kemana ya.sy belom pernah dan ogn nyoba ke dr frecillia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya untuk pertama kali daftar dl langsung ke limijati, akan diberitahu info selanjutnya.
      Thx

      Hapus
  5. Mba apa dr.frecil praktek nya cuma di limijati ya?
    Saya mau kesana tapi terlalu jauh dr rumah saya

    BalasHapus
  6. Biaya untuk vaksin brp ya mba kalo kesana??

    BalasHapus
  7. waktu itu brp biaya dokternya saja brp? htr nuhun 🙏

    BalasHapus
  8. Punten ini yg di google diary ambu ya? Saya baca artikel tentang sakit anaknya dan ke dokter frecillia. Saya juga mau ke beliau tapi blm pny no hp untuk konsultasi..boleh saya minta nomer hp dokter frecillia?

    Anak saya sdh 5hr muntah dan bab. Sdh ke dokter lain tapi blm sembuh.

    Sepertinya harus ke lab cek bab nya. Tp saya mau konsul dulu ke dokter frecillia klo boleh sy minta no hp dokternya.

    BalasHapus
  9. Boleh tau tarif nya berapa konsultasi dengan dr.frecilia? Dan bolehkan saya dapat no wa nya, saya ingin konsultasi anak saya yang sulit makan. Terima kasih

    BalasHapus