Pages

9 Tips memulai Bisnis Online

'Aduh ambu, pengen ni bisnis tapi belum punya buat modal'
dan atau ' Aduh mau punya penghasilan tambahan tapi bingung mau mulai dari mana'
' Ambu aku lagi mau mulai bisnis nih, nyiapin SOP dulu dan bla bla' keburu idenya diambil ayam hehehehe

Bisnis yang baik ya Bisnis yang dilakukan bukan dipikirkan (Bob sadino). Sepengalaman saya dan Akang (baca : Ayah idlan), Bisnis sih ga melulu tentang modal, tapi mau atau engga, niat Atau engga. ya, Action sendiri untuk memulai bisnis.
Dan menjaga atitude. mengutip kata kata bu septi wulandari (Founder Institut Ibu Profesional), Be profesional Rejeki will follow. Dengan kita bersungguh-sungguh modal datang, dalam bentuk kerjasama dengan pihak ketiga, modal datang darimana aja dalam bentuk kepercayaan itu juga modal besar.

Nah saya mau sharing tentang memulai bisnis, buat ibu-ibu yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga dan memilih dan mengambil peran seutuhnya mendidik generasi bangsa *uhuk hehehe, bisnis online salah satu alternatif yang wajib dilirik untuk membantu menambah tabungan atau sekedar untuk beli cilok.

9 tips memulai Bisnis Online
1. Pasang niat yang kuat, untuk memegang pilihan berbisnis online, pilih apa yang menjadi kesukaan, ini gunanya supaya ketika ada tantangan kita merasa ertantang dan bahagia, bukan merasa terbebani.
2. Tentukan jenis barang yg mau fokus di jual, cari supplier terpercaya, kualitas bagus dan yang kooperatif dari pembayaran serta pengadaan barangnya (ini mah buat yang tanpa modal), kasih kepercayaan biar kita bisa jual barang dulu bayarnya belakangan heheheh, atau ada pembeli baru kita bayar. hari gini Ambu, mana ada? Adaaaa... mansukids begitu kok (selipin iklan, reseller welcome :p)
3. Bikin target mau punya pendapatan berapa setiap bulannya atau  pengen punya apa bulan ini. Nah target ini ditulis, supaya niatnya makin kenceng.
4. Menyukai dan betul-betul mengerti barang yang kita jual. Kita atau orang-orang terdekat kita menjadi pengguna.
5. Mulai branding barang dagangan, dimulai dari sesuatu yang sederhana, misal: per 1jam ganti status di BBM tentang barang dagangan. Dari pengalaman feedbacknya sih lumayan, minimal temen2 deket nanya, "eta naon?" heheheheh
6. Yang suka pake social media mulailah posting mengenai barang jualan, tidak usah terburu-buru. Slow but sure, terus menerus. Ya ga melulu tentang dagangan tapi bisa diselipin dengan tips yg terkait dengan fokus barang dagangan kita.
7. Kalo point 5-6 udah dikuasai dan udah ada penjualan, mulai melakukan inovasi promo di social media yang lain. Kalau sebelumnya menggunakan Fb, berikutnya bisa menggunakan instagram, Tokopedia, buka lapak, Line@, twitter jg masih oke kok
8. Membuat laporan administrasi penjualan dengan rapi dan tertib. Tidak perlu yang rumit setidaknya dari laporan sederhana kita mampu membaca: profit bulan ini (hahaha ini yg penting mah nya), jumlah penjualan, barang favorit konsumen ya warna, ukuran, dan lain-lain.
Dengan adanya laporan kita bisa mengevaluasi pekerjaan kita, mencari soluai dari kendala yang ada, dan memasang target berikutnya.
9. Management gadget, tetap jadikan anak prioritas ya. harus pandai mengatur fungsi  utama sebagai Ibu dan bisnis online. Supaya bisnis jalan dengan anak tetap bisa jalan-jalan (baca: bermain bersama anak).

nah cobain satu-satu, kalau mau cerita-cerita sharing boleh ke saya, saya sih tahapnya ga jago tapi lagi belajar, ayo sama-sama belajar.

ini cerita Ambu karena setiap ibu punya cerita. Bagaimana ceritamu?

Marini
*Ambu Idlan
#ODOPfor99day
#Day1
#institutIbuProfesional
#Tipsbisnis
#bisnisonline

Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar