Pages

Hari ini dua tahun yang lalu

ya hari ini tepat dua tahun lalu, Idlan lahir. Anak kecil pertama yang membuat hidup saya berubah, anak kecil pertama yang membuat saya jatuh cinta.

Lewat dari prediksi lahir versi dokter elise yohana knoch HPL aa bayi 11 januari 2014, prediksi bidan okke evriana tanggal 8 januari 2014, versi usg pertama kehamilan di limijati 20 januari 2014 (untuk prediksi yang terakhir ini baru sadar setelah Aa bayi lahir).
ketika dalam masa galau ini, ketika akang bertanya dengan aa bayi mau lahir kapan
"mau lahir samaan kaya rasululloh?" (kalau ga salah bwrtepatan dengan 14 januari 2013) aa bayi ga ngasih respon apapun.
" mau lahir tanggal 19, kalau iya tendang perut Ambu yang kencang ya". maksud akang 19 januari biar samaan dengan annivessary pernikahan,
Daaaaan ada jedugan dari dalam perut. ah...bahagiaaaaa.

Memasuki masa galau itu ketika belom juga bersalin dan banyak pertanyaan dari orang-orang terdekat "udah lahiran belum?" dan bla-bla-bla. Rasa cemas menjelang kelahiran sepertinya dirasakan hampir semua calon Ibu, Apalagi saya yang ketika itu memasuki minggu galau, udah melewati perkiraan lahir. Untuk mengurangi kecemasan yang dirasakan, saya membaginya dengan mendiskusikan kecemasan anda bersama suami, ataupun tenaga kesehatan.

Teh Okke Evriana, bidan cantik yang menjadi pilihan saya dan aa bayi untuk melahirkan, menyarankan untuk bersenang - senang 'tong stress' hehehe. Ya betul Aa bayi memilih untuk dibantu persalinannya dengan bidan okke. mulai dari fase mencari alamat teh okke yang waktu itu belom aktif di socmed dan baru resign dari Galenia. sampai akhirnya bertemu, dan sadar dengan jarak yang jauh saya sampaikan dengan aa bayi mengenai rencana persalinan dan meminta bantuan untuk bekejasama dan aa bayi bebas memilih kapan dan dengan siapa mau dibantu persalinan.

kembali lagi dengan saran teh okke agar jangan stres baiklah, dari berenang (walaupun harus dipandu Akang karena saya ga bisa berenang), pijit akupresure, nonton, tetap rutin melakukan yoga hamil, sampai dengan poto-poto di taman pustaka bunga bandung. Intinya mengalihkan stresnya untuk membangun energi positif. agar sinergi positif juga terjalin dengan bayi didalam kandungan.
ketika itu mempercayai aa bayi pasti membantu ambunya dan tau waktu yang tepat kapan akan lahir di dunia.

Dan 18 Januari 2013, tanda kelahiran itu muncul, dan saya mencoba menikmati dan bahkan masih mengikuti kelas yoga hamil di galenia. yes, di pembukaan pertama saya alhamdulillah masih bisa yoga. beruntung banget bisa bisa berjodoh ketemu teh nena, ahli soft prenatal yoga, sabar banget ngasih informasi terkait gerakan-gerakan yang saya butuhkan untuk menuju persalinan Gentle birth saya inginkan. Bodornya lagi, tanggal 19 januari 2013 masih ke Car free day di dago makan lontong padang, sorenya masih makan bareng akang dan keluarga, bersyukur untuk satu tahun pernikahan saya dan Akang..

Dan dini  hari tanggal 20 januari 2013, gelombang cinta (baca: mules) mulai sering terasa. Tapi saya ga paham membedakan Kontraksi aatu dengan kontraksi yang lain, akang pun demikian. jadilah tugas dari teh Okke, gagal terlaksana. definisi mulesnya itu perut kenceng, begah, seperti mules pas haid agak sensasional sedikit sih. Sorenya  saya kontraksi hebat, tapi ga terlalu lama. masih sempat makan dulu pakai ayam balado buatan emak (baca: ibu saya), mandi air anget, menunggu akang solat Ashar. Kami pergi ke praktek bumi Ambu. pesan teh Okke pembukaan ke empat baru disarankan ke praktek beliau. ini mah ga tau pembukaan berapa, bismillah pergi aja deh.

Perjalanan lumayan panjang menuju ke Bumi Ambu, Garuda-adipura gede bage via tol buah batu dan pasar ciwastra. agak ricuh, tapi alhamdulillah perjalanan lancar, hampir 1,5jam. diperjalanan masih sempet beli tempe mendoan kesukaan saya di daerah logam, hehehe. dua kali kontraksi hebat selama perjalanan menuju ke Bumi Ambu.

sampai di bumi ambu jam 18.00wib. Bumi Ambu, disambut teh poppy. dan kontraksi terus ga berhenti. Dan ketika dicek sudah pembukaan empat. kontraksi makin luarbiasa dan setengah jam kemudian pembukaan komplit, masyaalloh. Alhamdulillah pijitan teh popy enakeuuun..hihi lumayan rileks ketika kontraksi muncul. Teh okkenya sabaaaar nungguin dan nyemangatin.

Aa bayi lahir, jam 21. 45 waktu jam bumi ambu hehehe, Alhamdulillah lewat persalinan normal alami tanpa jahitan, dan tanpa kata "aduh" seperti kesepakatan saya dan akang: menyambut kedatangan putera kami dengan cinta. sempet makan cokelat dan minum air putih banyaak banget ketika sedang bersalin, hehehe. butuh 3 jam 45 menit dari pembukaan komplit menuju ke persalinan. Dan teh okke dan teh poppy sabar menanti aa bayi. Dan buat saya, Akang pun sangat terasa perlindungannya, jauh dari keseharian doi yang banyak becandanya.



Aa bayi lahir jadi bayi ke 3 bumi ambu, Setelah lewat dari Hari prediksi Lahir, lahir juga buah hati kami. Muhammad Alfath Idlan. Pada 20 Januari 2014. dan betul doi lahir tanggal 19, tapi 19 rabiulawal hehehe..masya alloh. Kamu jadi kado untuk Ambu dan Ayah nak...

Met milad yang kedua putera Ambu,
Bayi ke 3 yang lahir di Bumi Ambu

Barokalloh fii umriik
Semoga aidlan selalu sehat, hidup aa bercahaya, bekerjasama dengan Ambu dan Ayah untuk menjadi lebih baik
i love you nak :*

Terimakasih teh Okke Evriana dan teh Popy Meilia Anzani untuk bantuan dan semuanyaaaa....
Makasih juga teh Erna Nena yang selalu baik hati share ttg gerakan prenatal yoga dan gentle birth

Teman hidup saya Iman Rasidi mari kita belajar terus untuk menjadi orangtua yang baik buat A idlan

Untuk Muhammad Alfath Idlan,
mohon Do'a Semoga jd anak soleh yaa

Aamiin

ini cerita Ambu Karena setiap Ibu Punya cerita
Bagaimana ceritamu?

:: 20 Januari 2016::

#ODOP99Days
#Days11
#welcomeIdlan
#muhammadAlfathIdlan
#GentleBirth


Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

4 komentar:

  1. Halo teh boleh tau alamat lengkap bumi ambu teh okke?kebetulan rumah aku di bojongsoang gak terlalu jauh hehe..nuhun teh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di perumahan adipura Gede bage ruko2 yg di depan sebelahan dengan BTN

      Hapus
    2. Mau tanya dong di bumi ambu bisa ngelahirin bekas sc ga sih .?? Anak pertama aq sc nah aq mau cb normal disnak ke 2 aq .. mohon infonya ya

      Hapus
  2. Hai coba dihubungi aja teh okkenya say..

    Setau saya sih konsultasi aja, utk vbac belum bisa.

    BalasHapus