Pages

Semua Anak Unik!

"Semua anak unik. Customized Curriculum, sebenarnya yang paling tepat digunakan dalam mendidik anak-anak. Kurikulum belajar yang menyesuaikan dengan masing-masing "kekuatan anak". Sehingga keluargalah sebagai institusi pertama yang sangat mungkin menjalankannya" (Septi Peni Wulandani Founder IIP)

ya, setiap Anak itu Unik, setiap Anak membawa paket keunikan masing-masing. Bahkan dari dalam kandungan pun keunikan itu sudah ada. Lalu sepanjang tumbuh kembang setiap anak perbedaan antara anak satu dengan yang lain makin terlihat dan alangkah bijaknya sebagai orangtua tidak berusaha membandingkan dan menyeragamkan anak-anak.

Menjelang 2tahun, kalau mungkin beberapa teman-temannya Idlan mulai free trial untuk sekolah formal, Idlan mulai trial untuk tour the talent, yaitu menggali potensi minat dan bakat anak. Mengajaknya bermain dan mengenal banyak hal untuk selanjutnya secara bertahap melihat banyak contoh orang-orang sukses dan bahagia pada bidang yang ditekuninya. Semoga Ambunya Istiqomah *self note.



Hari ini pengalaman kesekian kali Idlan naik angkutan umum (baca: Angkot), tujuan kali ini bermain. kami menuju Masjid Salman ITB, dan pengalaman pertama buat idlan. Jadilah kami berdua naik angkot dari rumah Garuda menuju ITB dengan sadang serang - Caringin. Misi perjalanan ini sederhana, bermain dan melihat sekitar. dan Ada kuda, Yes idlan suka kuda dan berlari kesana kemari di halaman masjid Salman.

'aphu kejaaah kejaaah' (baca: Ambu Kejar Kejar).
'aphu kuda kudaa' (baca: Ambu kuda kuda)

Ketika Pulang hujan pun, idlan tertawa..
ketika saya menanyakan apakah Idlan suka, Idlan tertawa dan mengangguk. dan mencium pipi...ah meleleeeeeh lemaaaah ambu nak lemaaaah *usapairmatapaketisu. hehehehe

Sedikitnya sebagai orangtua berusaha untuk mengenali 3 hal dari anak
1. Kemampuan
2. Kebutuhan
3. Kesenangan

Dengan mengenal keunikan anak dalam hal KEMAMPUAN, kita dapat MENYESUAIKAN tuntutan kita dengan kemampuannya. Anak dan orang tua menjadi senang, kemuadian terbentuk saling paham dan kerjasama. Terpenuhinya KEBUTUHAN anak akan membantu perkembangan anak menjadi maksimal. Dengan mengenal KESENANGAN anak, kita dapat memberikan banyak KEBAHAGIAN baginya. Dan kalau kita tahu apa yang disenangi anak, kita tidak perlu membuang yang ada untuk memberikan hal-hal yang tidak disenanginya.

Semoga Alloh meridhoi setiap usaha saya yang fakir ilmu ini untuk bisa belajar mengenali anak saya dan menjadi fasilitator untuk Idlan. semoga istiqomah.

Ini cerita Ambu, karena Setiap ibu Punya cerita. Bagaimana Ceritamu?

#ODOPfor99Days
#ODOP99day
#Days4
#Idlan
#FirstSalmanITB

Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar