Pages

Tips awal bisnis online di Instagram

Apakah Anda salah satu pengguna instagram?
Instagram mengumumkan bahwa pengguna Instagram (ig) naik menjadi 400juta pengguna dan Indonesia adalah salah satu dari negara pengguna aplikasi Instagram terbanyak di dunia. Dapat dibayangkan, ini sumber calon konsumen potensial untuk pebisnis dan sekaligus pengguna instagram.

Buat semua yang mau mulai berbisnis online atau ibu-ibu rumah tangga seperti saya, social media dalam hal ini instagram masih powerfull untuk dijadikan pintu untuk berbisnis dari rumah. insyaalloh dengan tetap memilih peran untuk mendidik dan merawat Anak-anak kita seutuhnya, kita bisa punya penghasilan tambahan untuk sekadar beli bala-bala atau mungkin kapal pesiar hehehe.

"langkah ratusan kilometer dimulai dari langkah pertama" (Ibu Septi Wulandari, Founder Institut Ibu Profesional).




Nah yang masih bingung harus memulai bisnis di instagram, berikut ini adalah tips langkah awal bisnis Online menggunakan Instagram:
1. Buat Akun instagram sesuai dengan nama toko online atau mempresentasikan produk yang akan ditawarkan.
2. isi biografi akun tersebut dengan kontak yang bisa dihubungi, whatsapp, bbm dan line
3. Menginstal aplikasi pendukung
diharapkan memasang aplikasi pada poin 2 ya, hal ini untuk memudahkan calon konsumen menghubunhi kita dan agar pelayanan bisa dengan segera diberikan kepada calon konsumen tersebut.
4. memoto produk-produk yang akan dijual
Poto harus menarik, tidak selalu dari kamera LSR/DLSR setidaknya foto tersebut cukup pencahayaan, background foto menarik dan gambar mempresentasikan produk yang kita jual. tempatkan diri sebagai konsumen artinya setidaknya menurut kita foto tersebut cukup menarik dan jelas.
5. Membuat caption atau penjelasan pada postingan poto
bikin caption yang singkat, jelas dan sertakan tagar dengan keyword tertentu aga calon konsumen kita bisa dengan mudah menemukan ig kita misal: #kaospolosanak, #jualkaospolosanak.
6. Pastikan posting pada saat jam-jam ramai
Biasanua jam-jam orang ramai login di socmed kisaran pagi jam 6-9 pagi, jam makan siang 12-1, jam malam setelah orang selesai/pulang kerja 9-10. Bukan berarti jam yang lain ga penting, tetapi jam jam tersebut tadi orang-orang biasanya lebih banyak menggunakan socmed
7. Rutin posting dengan gambar dan caption yang menarik
terutama di jam-jam yang disebut pada point 6.
8. Hapus dan posting ulang postingan Anda yang lama
Hal ini berfungsi agar akun Ig Anda terlihat eksis, tidak semua follower anda melihat di timeline ketika anda memposting pertama kali. Bisa jadi dengan memposting ulang calon konsumen kita melihat di timeline.
9. menambah follower Akun Instagram
Ingat Follower ya. Follower = target market. Follower akan melihat postingan kita pada timelinenya, dan apabila follower kita tertarik dengan postingan tersebut memungkinkan adanya jual beli.
10. Untuk menambah follower bisa mengikuti komunitas socmed khusus pedagang online ig untuk saling promosi gratis atau pergunakan paid promoted (promo berbayar).
11. No selling Dying (Dewa Eka prayoga) akan tetapi tetap jadikan anak prioritas *selfnote dan terus semangat berbisnis online.

Saya pribadi jauh banget dari jago. Sekadar ingin berbagi, semoga informasinya bermanfaat :). Kalau mau sharring silahkan, mari semangat belajar.

Ini cerita Ambu karena setiap Ibu punya cerita.
Bagaimana ceritamu

Marini
*Ambunya idlan dan owner @Mansukids

#ODOP99Days
#Days10
#aInstitutIbuProfesional
#tipsbisnis
#bisnisOnline

Mansu Kids

2 komentar:

  1. ambuuuu..produktif bangeeeettt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubu, baru keliatan ini komentnya ketutup..ikutan odop tp ga gabung grupnya bu...

      Hapus