Pages

Liburan ke pantai Santolo dan Sayangheulang yuk!

Sudah pernah ke Pantai Santolo Garut?
Pantai yang terletak di Kecamatan Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut. Perjalanan ke Pantai Santolo, Garut bisa ditempuhditempuh sekitar 150km dari Bandung.

Perjalanan menuju Pantai Santolo harus dilalui dengan ekstra hati-hati. Karena, perjalanannya berkelok-kelok, sempit, curam, serta melewati hutan, kebun teh, dan jurang.

Untuk menuju ke santolo ada dua pilihan rute.
1. Rute Normal lewat Garut Kota – Cikajang – Cikelet dan Pameungpeuk.
2. Rute Ciwidey – rancabuaya – Pameungpeuk jarak tempuh lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum, tapi pemandangannya juaraaa keren (katanya)
Dua kali saya ke santolo pertama pas idlan usia 7bulan dan kedua tanggal 6 Februari yang lalu, kami melewati rute normal.

Pulau Santolo
Pulau santolo merupakan pulau kecil yang terletak persis dipantai santolo. Pulau ini hanya dipisahkan dengan muara kecil tempat berkumpulnya kapal nelayan. Menuju ke pulau santolo, kita harus menaiki kapal terlebih dahulu. naik kapal nelayan yang bisa memuat sekitar 12 orang dewasa, membuat saya agak deg-degan. cukup membayar 2rb/orang, naiknya juga tidak sampai 5 menit.

Pantai Santolo merupakan pantai yang masih relatif tidak terlalu ramai, kumpulan batu-batu besar, dan laut biru menjadi pemandangan yang indah. di pulau ini kita bisa Menikmati panorama pantai dan biota laut, kondisinya masih asri cuma agak sedikit kotor dengan sampah. eh tapi yang pertama kesini malah lebih kotor. Sekarang sih lebih lumayan. Pantainya penuh dengan karang sehingga ombak besar sudah pecah sebelum menyentuh bibir pantai. 

Di sekitar sini ada bendungan/jembatan tua, kata akang dulu waktu muda (hahaha) akang pernah terjun dari bendungan ini, memacu adrenalin katanya *usapkeringet.

Tidak lengkap kalau ke santolo tidak mampir ke pantai sayangheulang. pantai sayangheulang merupakan pantai berkarang yang terletak di salahsatu sisi pulau santolo.

ketika surut bentangan karang yang menjorok ke laut di pantai sayangheulang bisa kita lalui sampai menuju laut lepas. sambil berjalan kita bisa melihat ikan-ikan kecil berwarna-warni yang terjebak di bentangan karang tersebut.

A idlan menikmati sekali bermain di pantai.."benaaang bu, aiiiih banaak" (baca: berenang ambu, air banyak). Apalagi sih yang membuat seorang ibu bahagia selain melihat kebahagiaan anaknya...
tinggal perjalanan pulang dan perjalanan pulang dari santolo kemarin saya mabok pemirsaaa, ampun deh ah jalan kelok-keloknya bikin pusing.

Ini cerita Ambu karena setiap ibu punta cerita. Bagaimana cerita Liburanmu?

#ODOP99Days
#Days24
#liburangarut
#PantaiSantolo
#Pantaisayangheulang

*poto-poto saya ambil dari koleksi akang Iman Rasidi lokasi di seputaran Santolo









Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar