Pages

Singkong Thailand

Pernah nyoba makan singkong rebus ala thailand? Cemilan ini menggugah selera, perpaduan dari singkong yang lembut, rasa manis dari karamel, dan rasa gurih dari santan bikin mau lagi dan lagi. Dapat resepnya dari salah seorang sahabat yang jago masak, Debby shonda.

Singkong Thailand ini lembut dan bisa dinikmati oleh siapa saja dari berbagai usia. Camilan ini memiliki teksturnya yang lembut, bebas gluten, dan nilai kalorinya tidak terlalu tinggi dibanding nasi.

Singkong pun kaya akang serat dan bisa menjadi alternatif makan pengganti nasi.
Hal yang paling penting dalam pembuatan resep singkong thailand ini adalah pemilihan singkongnya. pilih singkong memiliki kualitas ubi yang baik, tidak terlalu tua, dan baru dipanen. Sedangkan komposisi takaran dalam resep ini ya modifikasi ya, ga sama plek sama resep yang sahabat saya kasih, berikut ini resepnya ya. silahkan dicek semoga bermanfaat..:)

Bahan :
0,5 kg singkong. Kupas dan potong ukuran sedang
200gr gula pasir
700 ml air (seluruh singkong terendam air)
1/2 sendok teh garam
wijen
1 lembar daun pandan
Saus Santan:
150 ml santan kental
1 lembar daun pandan
1/8 sdt garam
1 sdm maizena yang dilarutkan dengan sedikit air.

Cara Membuat :
Kupas singkong hingga bersih. Potong-potong ukuran sedang.
Masak air terlebih dahulu. Setelah mendidih, masukkan singkong, setelah singkong mulai empuk masukan gula pasir, dan daun pandan.
Masak terus dan aduk perlahan sampai air mengental dan terserap ke dalam singkong. Pastikan air yang tersisa tinggal sedikit supaya singkong menjadi lembut dan manis. Pada proses ini, gula akan sedikit membentuk karamel dan membuat singkong terlihat lebih kuning. masukan taburan wijen.

Saus Santan:
Rebus santan dan garam dengan api sedang. Aduk perlahan hingga mendidih.
Tambahkan larutan maizena supaya saus menjadi lebih kental.

Penyajian:
sajikan singkong di mangkok, kemudian siram dengan saus santan. Selain dalam keadaan hangat, singkong thailand ini juga tetap enak dalam keadaan dingin, yummy..

Nah selamat mencoba, semoga bermanfaat..

Ini cerita Ambu karena setiap ibu punya cerita. bagaimana ceritamu?

#ODOP99Days
#Days22
#ResepAmbu
#Singkongthailand



Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar