Pages

Resep Gepuk Bu Ooh Ala Ambu

Sebetulnya sih kalau saya pribadi menulis di blog tentang resep makanan cuma buat catatan saya. Supaya tidak lupa dan kalau lupa bisa buka blog sendiri hihi.

Sudah lama tidak pernah membuat gepuk. Terakhir bikin gepuk ketika arisan kiddos di kediaman kami, ketika idlan usia 6bulan. Waktu itu sih sukses gepuknya, tapi karena udah lama saya lupa takaran bumbu-bumbunya. Oh iya resep gepuk ini saya dapat dari Bu Ooh, ibunya sahabat saya Feny. Takaran resep saya modifikasi.

Alhamdulillah Idul fitri 1347H, kali ini gepuk menjadi menu makanan di rumah tangga kami :), untuk rasa sepertinya tidak mengecewakan. Indikatornya adalah juragan kecil a.k.a. idlan lahap makan gepuk dan bumbu-bumbu yang gosong tergoreng.

Berikut ini resep gepuk bu ooh Ala Ambu.

Bahan-bahan:
1. 0,6kg Daging sapi rendang tanpa lemak
2. Air asam
3. 100ml santan (saya pakai santan sachet)
4. Minyak goreng
5. Gula pasir sedikit
6. Garam secukupnya
7. Gula merah yang sudah disisir
8. Daun salam dan daun jeruk


Bahan yang dihaluskan:
1. Sedikit terasi sangrai
2. 2 ruas jari lengkuas
3. 2 ruas jari jahe
4. 8 siung bawang merah
5. 5 siung bawang putih
6. 1 ruas jari kencur
7. 3 butir kemiri sangrai
8. 1 sdm ketumbar sangrai
9. 1 sdt jinten sangrai
10. Satu batang serai


Pelengkap:
Bawang goreng untuk taburan


Cara Membuat: 
Rebus daging sampai setengah matang (hilang warna merah darahnya). Potong daging sesuai keinginan, memarkan daging sampai empuk tetapi jangan sampai hancur. Sisihkan air sisa merebus daging.


Haluskan bumbu-bumbu dan tumis dengan minyak Secukupnya. Masukan daging yang sudah dimemarkan tadi. Masukan kaldu daging (sisa merebus daging tadi) dan boleh tambah dengan air lagi.

Bubuhkan gula merah, beri garam, dan beri sedikit gula pasir. Masukan santan dan air asam. Masak sampai air kering dan daging betul-betul menjadi empuk.

Cara penyajian
Goreng gepuk berbumbu tadi, saya lebih suka tidak terlalu lama, cuma menghadirkan efek sedikit gosong saja. Sajikan dengan taburan bawang merah. Bumbu gepuk yang gosong saya suka taburkan diatas gepuknya juga. Makan dengan nasi hangat.


Semoga bermanfaat. 
Catatan kecil dari ibu yang berusaha belajar masak. Ini cerita Ambu, karena setiap ibu punya cerita.
#AmbuBukanKokiHAndal




Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar