Pages

Masak Efisien : Soto Lamongan Ala Ambu

Idlan lagi suka banget dengan soto Ayam. Kebetulan suka beli di dekat rel kereta Api Stasiun Andir. Sambil menunggu pesanan soto disiapkan penjual soto, idlan bisa melihat kereta yang kebetulan lewat.

Karena idlan tipe anak yang kapasitas makannya tidak terlalu banyak, doi bukan tipe anak yang suka makan terus. Mungkin karena dari awal kenal makan doi terbiasa BLW, jadi ya mau makan juga dia sudah terbiasa menentukan kebutuhan dan keinginannya, dia mau makan apa.

"Aphu, aa mau syoto" (idlan, 30bulan)
Demi apaaaa...ini tantangan buat Ambu-nya harus jadi tukang soto, daripada anaknya jajan terus *pasang iket kepala.


Tantangan ini menjadi motivasi tersendiri buat saya untuk membuatkan anak kecil ini makanan, biar doi makan lahap dan banyak. Harapannya berat badannya bertambah *aamiiin (kenceng).
Mari kita bikin soto, masak efisien Ala Ambu. Sedikit niru penampilan soto-soto lamongan yang biasa Akang atau Saya beli buat Idlan.

Cara membuat Ayam Ungkep
Loh, katanya bikin soto? Hehe, ini bagian efisiensi-nya. Saya sekalian nyetok Ayam ungkep untuk persediaan menu minggu ini. Ayamnyanya diangkat, ditiriskan dan disimpan di kulkas bisa untuk stok makanan. Sedikit ayam bisa digunakan untuk pelengkap soto, dan kaldu dari ayam ungkep ini juga bisa digunakan untuk soto. Efisien bukan? Tidak ada yang terbuang. Dan hemat waktu. Cara membuat bumbu dasar bisa dilihat pada postingan sebelumnya. 


Bahan-bahan membuat Ayam ungkep:
1. Ayam Potong 1kg
2. Bumbu dasar kuning 4 sendok makan
3. Garam secukupnya


Cara membuat Ayam ungkep:
1. Panaskan air, pastikan air merendam semua potongan ayam
2. Masukan potongan ayam yang sudah dicuci bersih
3. Masukan bumbu dasar dan garam tutup sampai airnya berkurang menjadi setengahnya
4. Matikan kompor, angkat dan tiriskan Ayam. Tunggu sampai dingin simpan dalam tempat yang kedap udara. Simpan dikulkas.


Cara penyajian:
Goreng ayam tersebut, nikmati selagi hangat dengan nasi hangat dan sambal yang pedas.


Cara Membuat Soto Lamongan Ala Ambu
Bahan-bahan:
1. Kaldu rebusan Ayam Ungkep tadi
2. Air
3. Bumbu dasar kuning secukupnya
4. Potongan kecil-keci Ayam ungkep yang tadi
5. Soun
6. Irisan daun bawang
7. Potongan tomat
8. Irisan kol
9. Bawang goreng
10. Potongan telur rebus
11. Gula
12. Garam


Pelengkap: Perasan air jeruk dan sambel rawit pedas

Cara membuat:
Rebus kembali kaldu dari rebusan Ayam tadi, tambahkan air dan masukan sedikit lagi bumbu kuning (sedikit saja). Beri garam gula sesuai selera.


Cara penyajian:
Masukan soun, beri irisan kol dan taburan potongan ayam. Beri daun bawang, irisan tomat dan potongan telur rebus. Taburi dengan bawang goreng dan siram dengan kuah soto tadi. Tambahkan perasan jeruk dan sambal sesuai selera.


Santap dengan nasi beri tambahan kerupuk atau emping (kebetulan dirumah ga punya stok jadi saya skip).

Nah, penting banget memilih menu yang disukai keluarga. Mengatur list menu dalam waktu sedikitnya seminggu, untuk bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada. Dan pekerjaan domestik memasak pun menjadi lebih mudah dan relatif singkat.

Tulisan ini untuk menjawab tantangan dengan tema memasak dari #1minggu1cerita , komunitas yang berkomitmen untuk menulis minimal 1 cerita setiap minggunya. Dan saya menulis DUA loh minggu ini *jumawa hihi. 
Nih postingan sebelumnya:
Karena Ambu bukan koki handal, ini cerita Ambu, karena setiap ibu punya cerita.


Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

1 komentar:

  1. Kayaknya akuh akan memilih tulisan ini deh... hehehe

    BalasHapus