Pages

Rahasia masak Kilat : Bumbu Dasar

Pada postingan Saya sebelumnya pada kategori resep masakan, kebanyakan menggunakan bumbu dasar.

Nah kebetulan lagi (sungguh banyak sekali kebetulan di dunia ini) di komunitas #1minggu1cerita grup memberi tantangan untuk menyelesaikan tulisan bertema masakan andalanmu. Mari bercerita tentang Rahasia Masak Kilat Ala Ambu.

Ini Rahasia Masak Kilat Saya
Ya bumbu dasar itu adalah Rahasia Masak Kilat ala saya. Bumbu tersedia dan bisa dengan segera menyelesaikan urusan domestik memasak. Saya hanya tinggal menambahkan bumbu-bumbu lain sesuai masakannya. Menyiapkan makanan rumah yang insyaalloh lebih sehat untuk idlan dan Akang.

Bumbu dasar ini ilmu yang neneknya Idlan (ibu Saya) ajarkan. Bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian. Repot 7bikin bumbu diawal, untuk kemudian memasak bisa lancaaaar jaya.

Dan ternyata di institut ibu profesional (IIP) wilayah Bandung 3 (pada waktu itu), tempat saya menimba ilmu, persiapan membuat bumbu dasar pun menjadi menu pada kuliah WhatsApp. Ah, mulai eksekusi beberapa materi dari buku bunda cekatan iip untuk bisa menyiapkan menu yang sehat dalam waktu yang relatif singkat.

Pada umumnya Bumbu dasar dibagi menjadi 4:
1. Bumbu dasar bawang
2. Bumbu dasar kuning
3. Bumbu dasar putih
4. Bumbu dasar merah

Buat keluarga Saya, mengingat dari variasi menu dirumah yang wajib banget ada itu bumbu bawang dan bumbu kuning. Bumbu dasar ini ngebantu banget kalau semisal Akang ingin membantu saya untuk urusan domestik. Akang tinggal cemplung-cemplung bumbu iris-iris sayuran, Akang pun sudah bisa bikin bakwan/ bala-bala buat Saya dan Idlan.

Bumbu Dasar Bawang
Bumbu dasar ini wajiiib banget ada di kulkas rumah Saya. Seperti halnya telur, yang jadi alternatif kalau saya mati gaya masak, hehehe.

Bumbu dasar bawang ini bisa dipakai untuk membuat bala-bala, sop, perkedel, nugget, nasi goreng, steak tempe dan aneka menu yang pernah saya posting sebelumnya. Pokoknya, kalau bumbu ini abis pasti saya mengusahakan menyediakan bumbu ini lagi.

Cara Membuat Bumbu Dasar Bawang
Untuk membuat bumbu ini cukup dengan bawang merah dan bawang putih. Saya sih biasanya pake perbandingan 1:1. Jadi misal 1 ons bawang merah, bawang putih pun 1ons. 

Berikut cara membuat bumbu dasar bawang:
1. Kupas dan cuci bersih bawang merah dan bawang putih.
2. Haluskan bawang-bawang itu, kalau saya pilih menggunakan blender, biar cepet.
3. Tambahkan minyak untuk proses menghaluskan bawang tersebut pada blender.
4. Panaskan minyak secukupnya, goreng bumbu yang sudah dihaluskan tadi, kalau saya tambah masukan daun salam biar aromanya lebih wangi.
5. Goreng bumbu sampai tercium aroma wangi dari bumbu dan berubah warna menjadi agak kekuningan tapi jangan gosong ya hehe.
6. Matikan kompor, tunggu bumbu agak dingin, masukan ke dalam tempatnya. Pilih tempat yang memiliki tutup dan kedap udara.

Bumbu Dasar Kuning
Bumbu lain yang wajib ada dikulkas keluarga kami adalah bumbu kuning. Bumbu ini bisa digunakan untuk membuat nasi kuning, ayam ungkep, soto, pesmol, dan gulai.

Makanan yang idlan suka kebanyakan harus menggunakan bumbu ini. Biar Ambunya bisa cepat menyiapkan makanan dan anaknya bisa makan sehat dan lahap. Bumbu ini hampir (selalu) ada.

Bahan dan cara Membuat Bumbu Dasar kuning
Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat bumbu dasar kuning:
1. Bawang merah dan bawang putih perbandingannya 3:1. 3 siung bawang merah dan 1butir bawang putih.
2. Kemiri (di sangrai terlebih dahulu)
3. Kunyit (kupas dan bakar terlebih dahulu)
4. Daun salam
5. Daun jeruk (sobek bagian tengahnya)
Cara membuat bumbu dasar kuning hampir sama dengan bumbu bawang.

Cara Penyimpanan Bumbu Dasar
Pilih tempat yang kedap udara. Boleh memilih toples kecil dari kaca untuk memyimpan bumbu-bumbu dasar tadi. Kalau saya, lebih memilih menggunakan kotak kecil dari merk tupp*rw*r*. Selain mudah untuk menyusun rapi di kulkas  juga lebih aman untuk saya.

Pake toples kaca buat saya jadi deg-degan, 23 februari 2016 punggung telapak tangan kanan saya harus dijahit karena pecahan toples kaca. Saya kurang hati-hati ketika sedang membersihkan toples untuk menyimpan bumbu dasar yang sudah saya siapkan. Di dapur pun kalau tidak hati-hati kecelakaan bisa terjadi. Hati-hati yaa.

Kalau cara menggorengnya matang sempurna dan proses penyimpanan benar. Menggunakan sendok yang khusus dan terpisah dengan yang lain serta segera disimpan kembali di kulkas setelah digunakan, bumbu bisa bertahan lebih dari 1bulan. Ini sih pengalaman pas bulan ramadhan yang lalu, sengaja bikin stok bumbu agak banyak bisa digunakan untuk sekaligus untuk membuat masakan di hari raya, hehehe.

Karena sesungguhnya Ambu bukan koki handal. Semangat berusaha supaya keluarga bisa makan sehat dan lahap.

Ini cerita Ambu karena setiap Ibu punya cerita, bagaimana ceritamu?

Sumber:
1. Kuliah WhatsApp Institut Ibu Profesional Wilayah 3 Bandung, nara sumber Bunda Julia.
2. Buku Bunda cekatan Institut Ibu Profesional.
3. Neneknya idlan ;)

Dear cicifera  ini bumbu dasar yang kemarin kita obrolin, barakalloh untuk semangatnya berlatih menjadi bunda cekatan. Bumbu dasar ini helpfull banget buat mempersingkat durasi di dapur dan kemudian bisa fokus nulis blog 😍







Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Hai, salam kenaaal :)
      Semogaa bermanfaat :*

      Hapus
  2. Aq baru tau teh bumbunya harus digoreng dulu. Itu fungsinya untuk apa? Aq jga suka stok bumbu bawang, tpi g pnh dgoreng dlu th cz g tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya bawang merah fresh yang sudah dikupas ditaro di ruang terbuka atau kulkas bersifat menyerap racun, mgkin alasan ini yang dipakai orang jaman dulu kalau anak sakit dibalur bawang merah.
      kalau bumbu yang sudah dihaluskan kemudian goreng insyaalloh lebih tahan lama
      cmiiw

      Hapus
    2. IMHO, bumbu bawang ini ga tengik. untuk makanannya juga tidak mempengaruhi kualitas cita rasa..
      bumbu yang biasa saya pakai dengan pemakaian yang bersih dan wadah kedap disimpan dikulkas bisa sampai 1bulan.

      Hapus
  3. Aq baru tau teh bumbunya harus digoreng dulu. Itu fungsinya untuk apa? Aq jga suka stok bumbu bawang, tpi g pnh dgoreng dlu th cz g tau.

    BalasHapus