Pages

Resep: Ayam KFC/MCD Ala Ambu

Idlan suka banget sama Ayam goreng crispy. Entahlah, konon mungkin rasa Ayam ini yang doi "rasa" di Asi colostrum ketika itu, Hehehe. Ayam crispy ini yang jadi menu makanan Ambu ketika postpartum.

Pilihan makanan didekat Klinik Bumi Ambu dan di tengah malam sangat sedikit. Ketika itu gojek pun belum ada dan popupler. Dan Ayam crispy inilah yang Ambu-nya Santap.

Mungkin itu sebabnya, idlan excited banget kalau diajakin makan ayam. Apalagi merk yg sama ketika itu, MCD. Jangan dianggap serius, ini mah jokes saya dan Akang Aja.

Pernah baca postingan mengenai ayam krispy KFC yang viral di FB. Sempet eksekusi satu kali. Nah Ambu lupa resepnya ketika mau eksekusi (lagi) resep yang sama. Sedikit ngarang resepnya, sesuai sama bahan yang ada di rumah. Lumayan irit jadinya, biaya ga habis dari 40rb tp makan kenyang banget dan bisa ambil buat kaldu sop.

Marilah kita membuat Ayam KFC/ MCD sendiri.

Bahan:
1/2kg Ayam bagian dada+paha potong kecil-kecil banget (sedikit saya ambil untuk bikin kaldu sop buat memu besok) dan minyak goreng.

Inilaah pentingnya kita mengatur menu, biar agak irit, apalagi untuk keluarga kecil seperti kami.

Bahan Marinate:
1. 4 sendok makan Oat (haver)
2. 2 butir telur
3. 1 Sendok teh Garam
4. 1 sendok teh ketumbar bubuk
5. 1 sendok teh merica hitam ( saya pakai merica putih biasa)
6. 3 siung bawang putih

Bahan kering:
1. 4sdm Tepung terigu
2. 1sdt Garam
3. 1Sdt ketumbar bubuk
4. 1sdt merica bubuk

Cara Membuat:
Blender semua bahan marinate. Dan rendam ayam yg sudah dipotong di dalam wadah kedap. Simpan didalam kulkas 2-4jam, lebih lama pun tetep enak. Kalau mau cepet, simpan di frezer.

Campur semua bahan kering. Ayam yang sudah di marinate dan disimpan di kulkas tadi dibalurkan di campuran bahan kering. Kemudian goreng.

Cara menggoreng
Panaskan minyak goreng. Tunggu sampai benar-benar panas, masukan ayam tadi. Pastikan minyak merendam seluruh bagian ayam. Gunakan api kecil, tunggu beberapa saat. Angkat ketika ayam sudah matang sempurna dan berwarna kuning kecoklatan.

Khusus untuk idlan, biar doi berasa makan di gerai Ayam itu, Ayam disajikan didalam Embernya *efek diskon 50% pas 17Agustus 2016 yang lalu. Nikmati selagi hangat dengan saos sambal dan nasi hangat. Akang dan Idlan suka, jadi Ambu bahagia deh.
Pengeluaran keluarga bisa sedikit dihemat bukan?


Ini cerita Ambu, karena setiap ibu punya cerita. Bagaimana ceritamu?
#AmbuBukanKokiHandal






Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

7 komentar:

  1. Singkat jelas dan pengen minta masakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeeh, tapi ambu mau permen KIPIKI ya ardeeeen :)))

      Hapus
  2. ambuuu... kenapa ambu pintar sekali masaaaak.
    aku bagi dong energinyaaa hahahaa <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambu mah banyakan gagalnya buajeeng...
      Etos memasaknya kaya grafik, naik turun :)))

      Hapus
  3. aku laperrrr gini dini hari bacanya

    BalasHapus