Pages

Resep Ikan Asin Lado Mudo Ala Ambu

Sedang viral banget ya, bule dari Norwegia yang "kepincut" nasi padang, dan kemudian mengunggah lagu nasi padang-nya di youtube.

Saya (kebetulan) orang yang berdarah sunda yang terkontaminasi nasi padang. hihi. Iya, karena Saya lahir dan dibesarkan di Jambi. Penduduk Jambi erat sekali hubungannya dengan kerajaan pagaruyung. Konon Raja Jambi Datuk Paduko Berhalo menikah dengan Puteri selaras Pinang Masak dari Pagaruyung. Nah begitulaah, banyak makanan sumetera khususnya nasi padang berkesan di cita rasa saya.

Gayung (pun) bersambut, Akang pun suka dengan nasi padang. Jadilah kami berdua pasangan yang (lumayan) sering menikmati nasi padang.

Menurut saya, selain Rendang sebagai menu utama nasi padang, pelengkap yang tidak kalah menunjang performa dari nasi padang adalah Sambal lado mudo, menurut Saya- Akang makin seu-hah sambel ijo makin nikmatlah nasi padang yang kami nikmati.

Tidak mau kalah sama Uda yang jualan nasi padang, Saya mencoba membuat sambal lado mudo. Dalam versi yang sederhana, pakai Ikan Asin, hihi.

Mau posting resep ala Ambu ya, ga sama persis dengan yang di kedai nasi padang, setidaknya menggugah selera makan *tutup mata liat timbangan badan. hehe.

Ikan Asin Lado Mudo Ala Ambu


Bahan:

1. Cabe hijau
2. Tomat hijau
3. Bawang Puti
4. Daun jeruk (sobek bagian tengahnya)
5. Ikan Asin (saya pake jambal Roti)
6. Minyak
7. gula
8. Garam

Cara Membuat:
Bersihkan ikan asin kemudian rendam dengan menggunakan air panas selama 10-15menit. Goreng ikan asin, kemudian tiriskan dan pipihkan.

Kukus Cabe hijau, tomat dan bawang putih selama kurang lebih 5 menit. sisihkan tunggu agak dingin dan silahkan diulek, saya menggunakan blender tetapi tekstur tidak terlalu halus.



Panaskan minyak kemudian masukan sambal cabai hijau/ lado mudo yang sudah diblender. Tumis sampai harum dan masukkan daun jeruk, masukan ikan yang sudah digoreng dan dipiphkan tadi. bubuhkan garam dan gula, koreksi rasa.



Ikan asin ini sebetulnya bisa diganti dengan ayam, bebek, dan bahkan jengkol. Cara membuat cabai hijaunya sih tetap begini juga. Silahkan dinikmati dengan nasi hangat. Selamat mencoba...

Ini cerita Ambu, Karena setiap Ibu punya cerita ;)
#AmbuBukanKokiHandal

:: 12 Oktober 2016::


Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

10 komentar:

  1. Balasan
    1. Di jerman susah nyari cabe ga?hehehe

      Hapus
    2. Bahan-bahan mah lumayan lengkap..tarasi bawa dari indonesia..ngan suka males masak -_-

      Hapus
    3. Bikin yg byk terus masak sampe benar2 simpen kulkas biasanya bertahan lama..
      Aku pun bgituuu hahaha

      Hapus
    4. Masalahnya kulkas kami kecil...yg ukuran anak kosan soalnya tinggal di komplek mahasiswa -_-..malah jadi curhat..haha

      Hapus
  2. biasanya kalau ibu saya bikin lado mudo pake bawang merah yg banyak, dan ga pake tomat. soalnya kalo pake tomat ga tahan lama... trus pake jeruk nipis, biar selama diulek ga item... hmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih info resepnya, ntar bikin pake resep ibunya padarma.
      ini mah kmrn pake bahan yg ada aja padarma hihi
      Asemnya genti tomat, dan wanginya dr daun jeruknya.
      Ga bertahan lama sambelnya, sehari ludes hihi

      Hapus
  3. bakalan sering dikunjungi nih, buat nyontek resep nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resep alakadarnya #ambubukankokihandal :D
      Semoga bermanfaat ;)

      Hapus