Pages

Resep Nasi Minyak Khas Jambi Ala Ambu

Nasi minyak khas jambi, merupakan masakan khas jambi. Nasi minyak dimasak dengan menggunakan minyak samin, saos tomat, dan susu. Tepatnya nasi minyak samin. Tapi populer disebut dengan nasi minyak.

Di jambi, tidak lengkap pesta perayaan atau hajat tanpa nasi minyak dengan malbi (masakan semacam rendang sapi dengan cita rasa manis dan menggunakan kelapa sangrai), sambal nanas dan kari kambing. Konon nasi minyak tergolong masakan mewah, yang hanya disantap oleh sultan-sultan pada hari jumat setelah sholat jumat atau ketika hajat atau pesta perayaan yang lain. Ngebanyanginnya aja Saya mah udah ngileeer maksimal.

Penasaran dengan nasi minyak khas jambi? Berikut ini resepnya Saya modifikasi sesuai bahan yang ada di dapur Ambu ya :).

Nasi minyak khas jambi
Bahan- bahan 1 (Air rebusan):
1. Jinten manis
2. Kayu manis
3. Kapulaga
3. Cengkeh
4. Biji pala
5. Kembang lawang/ pekak
*semua bumbu ini ada dibumbu lengkap gulai padang (tanpa ketumbar) bisa dibeli di toko yang menyediakan bumbu masakan padang.

Bahan-bahan 2:
1. Daun jeruk
2. Daun kari (saya skip karena ga punya)
3. 3 sdm Minyak samin (saya ganti pake mentega blue band)
4. Susu encer merk beruang (saya ganti pake susu kental manis)
5. 100ml Saos tomat
6. 1/2kg beras
7. 4 siung bawang putih haluskan
8. 1 ruas jari jahe haluskan

Cara membuat: 
1. Rempah no 1-5 di rebus ke air sampai keluar sari pati rempah-rempahnya kemudian air disaring. Sisihkan Air rempah tersebut.
2. Panaskan mentega, tumis bawang putih dan jahe yang sudah dihaluskan. Sisihkan. Masukan saos tomat sekitar 100ml utk 1/2kg beras. Sebetulnya menggunakan pasta dari tomat asli lebih menggugah selera tapi warna nasi biasanya jadi kurang kece. 
3. Bersihkan beras. Campurkan air rempah, tumisan bumbu. susu kental, daun jeruk. Bubuhkan garam dan gula. Koreksi rasa. Cek air, apabila air dirasa kurang tambahkan air.

Ciri khas dari nasi minyak ini adalah bahan minyak samin yang dipakai karena itu tidak disarankan mengganti minyak samin dengan jenis minyak yang lain. Saya menggunakan blueband sebagai alternatif, di saat kangen jambi dan malas ke toko perlengkapan bahan-bahan memasak.



Banyak versi memasak nasi minyak. Saya gunakan cara yang paling simpel. Beras di aron/masak nasi dengan menggunakan ricecoocker. Tunggu sampai dengan matang sempurna.

Pelengkap - Sambal nanas
bahan:
1. 1/2 nanas dicincang halus
2. Cabe yang dihaluskan
3. 1sdt Garam
4. 1sdt gula

Cara membuat:
Campurkan semua bahan menjadi satu. Koreksi rasa.

Cara penyajian:
Sajikan minyak dilengkapi sambal nanas, kari kambing, malbi/ rendang. 

Saya sendiri menyajikan nasi minyak dengan sambal nanas dan ayam betutu. Kebetulan di rumah sedang ada menu ayam betutu. Agak beda sih padu padan menunya tapi tetep asyik aja hehehe.

Cita rasa masakan ini seperti perpaduan masakan melayu dan india/arab, kaya rempah. Rasanya? gurih-gurih gimana gitu, sayangnya Akang dan Idlan tidak terlalu doyan jenis makanan begini. kalau Saya sih? selaluuuu syukaa <3.
Lalu karena Ambu pake mentega bukan nasi minyak samin donk? ya kali namanya juga ala-ala, rasa insyaalloh ga beda jauh. sekadar mengobati rindu pada tanah kelahiran.





Ini cerita Ambu, karena setiap ibu punya cerita.
#AmbuBukanKokiHandal

Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

6 komentar:

  1. AMbu kamu rajin banget deh masakkkk
    pengen atuh ih dimasakin hahaha
    kapan kalo playdate sama cicifera juga bagian konsumsi ya #halah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...#AmbuBukanKokiHandal banyakan gagalnya drpd berhasilnya hihi

      Hapus
  2. Salut sama yg suka masak. Aku udah jarang masak.. Beli jadi aja.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih memungkinkan utk masak teh,
      Kalao udah ada 3 krucils kek teteh kayanya ien pun pilih beliii hihi

      Hapus