Pages

Seminar: Talents Mapping Assessment di Bandung

Kebanyakan orang akan bingung ketika ditanya apa bakatnya? Apa cita-citanya? Saya (pun) tidak benar-benar yakin dalam memahami potensi diri dan tidak benar-benar mampu memetakan apa yang menjadi kesukaan dan kebisaan.

Seminar ini perlu buat saya sebagai Ibu, untuk memfasilitasi dan membersamai Idlan. Penting untuk saya sebagai landasan dalam mengobservasi sifat dan bakat idlan. Terlepas apakah (nanti) idlan memilih homeschooling atau sekolah formal.



Sesi pertama diisi oleh Abah Rama Royani.

Tentang Abah Rama Royani
Beliau merupakan alumni ITB dan creator Talent Mapping ini. Sebelum bergerak di talent mapping, hampir 30 tahun beliau menjadi direktur dari beberapa perusahaan, beliau mampu tapi beliau tidak merasa bahagia.

Baru pada usia 59 tahun, beliau mampu merasa bahagia. Bahagia dengan memaksimalkan potensi yang ada di diri beliau, yaitu dengan melejitkan potensi beliau yang paling dominan.
Berdasarkan pengalaman Abah Rama, tidak ada kata terlambat untuk melejitkan potensi bakat dominan yang ada di diri kita.

Semua Orang Ingin Sukses
Definisikan apa itu sukses, memberikan manfaat pada diri dan lingkungan (Abah Rama).

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain" (Hr. Ahmad).

Proses menuju sukses: 
1. Cara sukses
2. Jalan Sukses
3. Tiket masuk sukses

*Auditorium Rosada Balai Kota Bandung





Jalan sukses urusan manusia-alloh, untuk cara adalah urusan individu tersebut sendiri. Untuk menuju sukses setidaknya kita sudah memilih dan menempuh jalan yang tepat. Apabila jalan sudah benar dengan cara yang benar maka diharapkan kita mampu dengan mencapai kesuksesan. Setidaknya apabila cara yang dipilih salah akan kembali di jalur yang benar apabila kita memilih jalan yang benar.

Sama seperti analogi kita ingin ke jakarta, ingin lewat tol cipularang akan tetapi caranya dengan berjalan. Bisa sampai? Bisa. Berapa lama? Pasti lama. Tetapi prosesnya akan dilalui dengan (insyaalloh) bahagia karena berjalan di jalur yang benar dan (insyaalloh) pasti sampai.

Melejitkan kekuatan potensi terbaik yang dimiliki oleh setiap individu. Ketika kuliah salah jurusan, kerja di jurusan yang berbeda lagi karena terjebak kebutuhan, setidaknya ketika pensiun bisa menemukan kebahagiaanya.

Contoh: untuk ibu-ibu yang biasa sibuk, tetiba disuruh anak-anaknya yang sudah sukses berhenti akan sakit-sakitan. Nah, ketika kembali menggeluti yang dia suka akan lebih bahagia dan sehat.

"Tugas adalah alasan keberadaan" (Abah Rama)

"Katakanlah: tiap2 orang berbuat menurut syakillahnya masing-masing. Maka Rabbmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya". (QS. 17:84)
*syakillah= keadaan/potensi

Setiap manusia memiliki bakat-bakat dominan. bakat-bakat dominan yang dimiliki akan memberikan kemudahan dalam melakuka dan kemudian membentuk kesukaan, yang bisa dikatakan sebagai aktivitas-aktivitas terbaik.

Berikut ini merupakan karakter sukses yang dipaparkan Abah Rama:
1. Kerja keras
2. Pantang menyerah
3. Kreatif
4. Fokus
5. Solider
6. Tanpa pamrih
7. Tidak menunda-nunda waktu
8. Cerda
9. Moral

Definisi Bakat
Setiap manusia itu unik. Tidak ada satupun manusia ini di dunia yang betul-betul sama. Setiap ciptaan memiliki fitur unik sesuai dengan untuk apa dia diciptakan. Fitur unik ini terkait bakat yang mampu memberi manfaat kepada orang lain dan lingkungan.


Bakat adalah sifat tetapi tidak semua sifat merupakan bakat.
Fitur unik adalah sifat /personality yang bermanfaat /produktif yang dinamakan bakat. Bakat merupakan unsur pembentuk potensi kekuatan.


Sumber Bakat:
1. Panca indera
Potensi: melukis, memasak, berolahraga
2. Sifat
Potensi: mengajar, meneliti, berjualan, dll
Kemudian menjadi peran

"Practices your potential must perfect" (Abah Rama)

Komponen sukses ada 4:
1. Atitude
2. Knowledge
3. Skill
4. Bakat/talent
Dari ke-empat komponen ini hanya talent-lah yang tidak bisa dirubah karena talent merupakan fitur unik bakat yang dibawa oleh manusia sejak manusia itu lahir, terkait perannya sebagai khalifah di muka bumi.

*Ada aktifitas yang bisa dirubah (hard) dan tidak bisa dirubah (soft)


Bekerja dan sukses itu membutuhkan empat kondisi yaitu enjoy, excellent, easy, dan earn.
1. Suka dan bisa -->>Enjoy, easy, excelent, earn
Ini yang disebut aktivitas kesukaan/passion.
2. Suka dan tidak produktif --> Enjoy,  easy, excelent
Ini yang disebut hobby/kesukaan
3. Tidak suka dan produktif (Easy, excelent, earn)
Pada kondisi ini adalah saat dimana bekerja dan menghasilkan tetapi tidak merasa bahagia
4. Tidak suka dan tidak bisa (kelemahan)


Talent Mapping
Talent Mapping atau pemetaan bakat adalah gambaran "Peta Bakat" yang ada di dalam diri kita. Hal ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi kekuatan individu dengan didasari pada penemuan bakat. (Sumber www.temubakat.com)


Program Talents Mapping umumnya mencakup pengukuran bakat dengan pernyataan kekuatan diri (Personal Strenhgth Statement).

Sesi Membaca Hasil Talent Mapping
Sesi bertanya diisi dengan membaca beberapa Talents Mapping Assessment peserta seminar.

Langkah awal memetakan potensi kita adalah dengan merinci kelebihan dan kelemahan kita sebanyak-banyaknya. Dengan Menyadari kelebihan kita, maka kita fokus untuk menggali dan memajukan potensi atau bakat-bakat dominan tersebut.

Akan tetapi bagi yang kesulitan memetakan potensi sendiri dan ingin melakukan test talent mapping silahkan klik temu bakat.


 
*Peta Bakat


Umtuk membaca hasil talent mapping assesment, berdasarkan 34potensi bakat yang ada di gambar peta bakat. Untuk warna merah merupakan urutan 7 bakat dominan sedangkan untuk warna hitam adalah 7 urutan bakat terbawah.


*Penjelasan Peta Bakat


Silahkan diisi data dan kemudian menyelesesaikan pertanyaan yang ada. Sangat membantu untuk mengambarkan "peta bakat" yang ada di diri kamu. Selamat mencoba ya :).


Kasus:
Ada kondisi dimana satu individu BISA melakukan semua hal. Memiliki banyak sekali kelebihan maka harus dikembalikan ke pengertian di awal, mana yang paling disukai, mana yang disetujui orang tedekat (misal: suami dan anak) dan mana yang paling memberikan banyak manfaat.



*Contoh kasus


Dengan memahami urutan bakat dominan memalui hasil Talents Mapping Assessment, maka dapat dipetakan profesi apa yang tepat untuk individu tersebut.

Kesimpulan menurut Ambu

Talent mapping dapat digunakan oleh Ibu-ibu sebagai landasan untuk observasi bakat anak dan kemudian memfasilitasi anak-anak agar mampu memahami potensi diri sejak dini. Fokus pada kelebihan dan menyiasati kelemahan.



Semoga saya mampu, memahami potensi diri saya. Dan pada akhirnya menularkan pada Akang. Kemudian men-jembatan-i idlan untuk mampu menemukan perannya di dunia dan menjadi individu yang bahagia. Aamiin.

Ini cerita Ambu karena setiap Ibu punya cerita.

:: 1 Oktober 2016::

Bersambung di sesi 2 bersama Ibu Septi Peni Wulandani


Rekomendasi artikel lainnya

3. Wisata Edukasi Ke Dago Dairy
5. Ngobrol Asyik Tentang Legalitas Homeschooling Bersama Sabumi

Mansu Kids

4 komentar:

  1. Mbk,kalau ini diterapkan untuk anak 3 tahun apa sudah bisa?

    BalasHapus
  2. Mbk,kalau ini diterapkan untuk anak 3 tahun apa sudah bisa?

    BalasHapus
  3. Untuk anak 3tahun, bisa dibaca postingan sy selanjutnya
    Pandu 45 based on talent mapping

    BalasHapus
  4. Untuk anak 3tahun, bisa dibaca postingan sy selanjutnya
    Pandu 45 based on talent mapping

    BalasHapus