Pages

Resep Gulai Filet Ikan Kakap

Saya tuh kalau urusan memasak dan bersih-bersihin daging-dagingan atau ikan suka ga bisa makan setelah masak. Jadi filet mah udah paling juara buat saya olah, ga perlu effort lebih untuk membersihkan  cuma potong-potong kemudian tinggal cuci dengan air.

Ini resep Gulai versi saya, saya menggunakan filet ikan kakap. untuk jenis ikan mah bebas aja. bahkan telur pun bisa di gulai.

Bahan:
1. 1/4kg fillet ikan kakap
2. satu bungkus santan kara
3. pekak/kembang lawang
4. kapulaga
5. kayu manis
6. jintan manis
7. 4 sendok makan bumbu dasar kuning
8. cabai merah
9. jeruk
10 garam dan gula
11. minyak
12. daun salam
13. asam kandis (saya ganti pakai asam jawa)
14 irisan gula merah
15. 1 batang serai

Cara membuat:
Cuci bersih ikan dan potong kotak kecil. beri perasan air jeruk dan garam, marinate. simpan di freezer selama minimal 1jam.
Haluskan jintan manis dan cabai merah, Saya pakai sedikit saja cabe, biar anak kecil kesayangan saya bisa ikut makan. setelah dihaluskan satukan dengan bumbu kuning.

Untuk resep membuat bumbu dasar kuning bisa diihat pada postingan berikut ini bumbu kuning. Tumis bumbu masukkan kapulaga, pekak, kayu manis, serai dan daun salam. sampai bumbu harum, kemudian masukan potongan filet kakap. tambahan sedikit air asam jawa.

Masak sampai ikan empuk, masukan santan. saya pilih santan instan dalam kemasan. kasih garam gula, koreksi rasa. Segera matikan kompor. Saya mengusahakan untuk tidak memasak santan terlalu lama. Konon menurut pakar makanan sehat bapak wied harry, untuk meminimaisir munculnya lemak jahat. CMIIW. 

Sajikan dengan nasi hangat. Kalau saya sih, menganjurkan sajian ini langsung habis biar ga ngerasa dosa, banyak-banyak makan lemak. Abis enak sih :P.



Ini cerita Ambu karena setiap Ibu punya cerita. Bagaimana ceritamu?

Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar