Pages

Idlan dan Bermain peran

Di usia yang beberapa hari lagi 3tahun, untuk olah kata dan bahasa Idlan relatif masih terbatas. Pengucapannya terkadang belum terlalu jelas.

Entah Saya memang tidak berbakat atau tema do-it-yourself yg saya buat yg kurang menarik minat idlan. Idlan pasti punya peraturan-suka-suka-Idlan untuk setiap permainan yg dilakukan.

Idlan memiliki imajinasi yang cukup tinggi. Pretend play atau bermain peran adalah permainan yang hampir tidak pernah ditolak idlan. Dari permainan ini imajinasinya semakin dilatih dan dari permainan ini olahkata dan olah bahasanya mulai berkembang.

Tidak jarang dari permainan ini Idlan juga belajar adab. Ini mah Ibuny harus peka dengan 'ide cerita'nya dan kemudian memasukkan pelajaran ringan. Seperti ketika bermain peran dengan alat bantu mobil-mobilan adab minta tolong, terima kasih, dan maaf pun dimasukan. Ketika mobil satu kesulitan maka mobil yang lain menolong dan memgucapkan terimakasih. Ketika mobil yang satu dengan sengaja menabrak mobil yang lain harus meminta maaf kepada mobil yang ditabraknya. 


Begitulah, alhamdulilla Idlan kecil yang Sekarang sudah bisa bilang
"minta maap, pe'uk Aa" (baca: maapin aa dan minta dipeluk).
Ini kalimat permintaan idlan kalau dia merasa Ambu atau Ayahnya tidak suka dengan apa yang dilakukan. Sudah mulai ga nyuruh-nyuruh lagi, Sudah belajar pake kata "to-ong" (baca:minta tolong)
Dan kemudian bilang "ma-ci" (baca: terimakasih).



Idlan suka permainan yang tanpa peraturan. Dia suka permainan yang banyak bergerak. Tapi untuk bermain peran dia bisa duduk diam dan cerita banyak. 

Pernah suatu hari awalnya Idlan minta dicopotin gambar bulan yang ada di karpetnya, terus lanjut pretend play 'bermain peran'.
Saya biarkan.
Dalam ceritanya, Idlan angkat bulannya
Kemudian kepada ketiga mobil-mobilnya
Idlan bilang "Ayo pulang sudah malam".
Awalnya saya ga ngeh, Tapi tiap kali menyebut kata malam, Idlan mengangkat bulannya. 
Masyaalloh, dengan caranya idlan memahami dan memdefinisikan siang dan malam.
*ketika bermain peran tentang siang dan malam


Semoga Alloh meridhoi langkah kami untuk berjalan menuju lebih baik.

Fitrah Based education
Raise your child,  raise your selves

Karena setiap Ibu punya cerita
Bandung,  14 Januari 2017

#TDoLM_WritingChallenge
#JurnalIbuPembelajar(JIP)
#Portofolio.FBE.Idlan
#FitrahIman_FitrahEstetik
#day6to7days

Mansu Kids

2 komentar:

  1. hihihi.. idlan lucu.
    kalau dulu pagi seumur idlan lagi demen-demennya ngupas bawang hahaha. doyaaan bener kalo disuru ngupas ngupas.. kadang bawang, kadang kulit telor rebus, seupan hui juga dikupas sendiri, sampe bersih, baru dimamam hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi keceeee <3
      Harus dioptimalkan bu, biar jd asisten ibu pas masak. Sekalian melatih life skill..
      Pengen punya anak perempuaaan *naha jadi curhat* hihi

      Hapus