Pages

Idlan dan Kucing

"Ajari Anakmu menyayangi hewan. Agar dia tidak sombong karena menjadi manusia (Quotes yang saya dengar dari Ayahnya Idlan) 

Idlan memang suka dengan kucing. Awalnya karena adanya si memeng, kucing peliharaan Ayahnya yang ada di konveksi. Sesekali memberikan makan kepada si mengmeng item. Sesekali bermain dengan si memeng. Yang nuruuut aja kalau dicolek-colek idlan kecil.
*Sekarang entahlah si memeng ada dimana.

Berlanjut di rumahtinggal kami pun tetangga memelihara Kucing. Bersama Ayahnya idlan memberi makan kucing. Dan tak jarang idlan juga jail dengan kucing-kucing. Pernah dicakar tapi Besoknya tetap (selalu) tertarik dengan kucing.

Pointnya: berlaku baik maka hewan pun akan berlaku baik juga.
Sesekali diselipkan tentang penciptaan, kalau kucing itu sama kaya idlan: "ciptaan Alloh".

Saya sebetulnya bukan pecinta hewan. Cuma sekadar berlaku baik sm binatang saja.  Seringkali idlan meminta saya ikut memegang kucing. Bukan takut yaa, tapi ada perasaan geli. Kalau anaknya terus meminta, baiklaah *inhaleexhale, Ambu pegang kucingnya sedikit 😥.

Berkunjung ke rumah teman Ayahnya, Ada kucing Anggora yang penurut. Jadilah pengalaman silahturahmi itu (selalu) terkenang buat Idlan. Dan selalu bertanya chemonk (nama kucing tsb) dimana.

Kemarin kebetulan kami makan di bebek langganan kami. Seperti biasa suka ada kucing liar berkeliaran. Idlan dengan sigap menghentikan kegiatan makannya. Dan minta Ayahnya untuk memberi makanan yang kami makan untuk kucing liar itu.

Takjub! Masyaalloh.
Ambu belajar (lagi) kali ini pada anak kecil ini.
“Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (Bukhori, Muslim).

Barakalloh idlan, Semoga Alloh tumbuhkan fitrah mengasihi dan menyayangi. Senantiasa menundukkan hatimu.

Karena setiap ibu punya cerita
*note potonya campur-campur

Bandung,  9 Januari 2017

#TDoLM_WritingChallenge
#JurnalIbuPembelajar(JIP)
#Portofolio.FBE.Idlan
#FitrahMenyayangi_fitrahbelajar_Fitrahiman
#day2to7days


Mansu Kids

3 komentar:

  1. salam kenal mba :)
    anakku juga suka sama kucing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bunda...
      Salam kenal jugaa.. IIP juga kah?

      Hapus
  2. Saya juga penyayang binatang..
    Si Aul pernah menculik semut, terus saya bilang nanti mamah sama bapaknya nyariii. Terus si Aul ngahuleng. Mungkin dia juga merasa begitu suka nyari2 induknyab... hehehe

    BalasHapus