Pages

Game Level 2: Melatih Kemandirian Tantangan Hari Keempat

Aturan Bicara
Masih dengan tentang Aturan suara yang jelas ketika Idlan berbicara. 
"Hanya omongan yang jelas dan baik yang Ambu dan Ayah dengarkan"

Sudah mulai terasa efeknya. Kalaupun merengek dan setelahnya Idlan akan dengan sadar minta maaf dan memeluk.

Pagi-pagi Idlan dengan baik bilang mau sarapan di kursinya, mau minum teh anget dan biskuit kelapa. Duduk makan sendiri dengan tenang. Untuk adab makan seperti menggunakan tangan kanan, makan dan minum sambil duduk alhamdulillah Idlan sudah tertib. Very good 😘.


*model iklan biskuit roma kelapa 😂

Hanya kebiasaan Idlan yang masih pilih-pilih makanan itu yang seringkali jadi tantangan. *note masih jadi pekerjaaan rumah Ambu untuk ceklis kemandirian selanjutnya.

Beres makan Idlan menawarkan bantuan untuk membereskan tempat tidur. Alhamdulillah. Tapi setelah beres mau di acak-acak lagi begitu seterusnya. Dan ya sudah saya biarkan, minimal kesadarannya ada untuk membantu Ambu.

Dress up skill
Idlan semangat hari ini pakai bajunya. Mau menunjukan pada Ayahnya kalau Idlan udah mulai belajar dan bisa pakai baju sendiri.

Sudah mulai nemu keyword agar Idlan segera pakai celana. "crot" (artinya: celana ditarik ke atas). Idlan ketawa-tawa, mungkin lucu kali ya denger Ambu cadel menyebutkan kata itu.😜

Ketika pakai kaos, sedikit dibantu Ayah. Mendapat pujian, peluk dan cium dari Ayah. Idlan senang senang sekali.

Masih Pekerjaan rumah ketika Idlan mau pipis, melepasnya masih belum cekatan. Walaupum alhamdulillah sudah di toilet tetapi keburu pipis di celana 😂. Gapapa kita belajar teruuus, biar cekatan.

Ceklis kemandirian Ambu bersama Idlan
Menjelang sore kami mengajak idlan ke arena bermain sesuai keinginannya. Ambu sebentar melatih keterampilan berkendara. Masih lumayan tetapi masih jauh dari terampil.

Tumben Idlan duduk tenang di kursi depan, dan saya juga bisa tenang menkondisikan Idlan. Akhirnya berganti dengan Akang, akang di balik kemudi dan saya duduk di kursi belakang. Idlan mulai tidak mau tenang, mau pindah di kursi belakang dengan sayang. Tetapi Alhamdulillah, Idlan ada kemajuan untuk mandiri duduk sendiri di mobil.

Ini cerita Ambu, karena setiap Ibu punya cerita.

:: Bandung, 26 Februari 2017::

#tantanganharikeempat
#melatihkemandirian
#bundasayang
#imstitutibuprofesional


Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar