Pages

Tips perawatan sederhana di rumah setelah bersalin

Persalinan merupakan proses panjang. Dimulai dari kehamilan sampai proses persalinan itu sendiri. Sehabis bersalin emang terasa lelah sih, mungkin akibat banyak faktor kalau saya sih faktor U kali ya😂. Selain itu pasca bersalin juga Ibu juga harus Setrong begadang untuk bayi kecil yang masih beradaptasi. 

Untuk saya yang sudah ditinggal Ibu harus benar-benar bisa meluangkan waktu untuk "mengurus" kebutuhan diri pasca melahirkan. Perawatan sederhana pasca melahirkan bisa dilakukan sendiri dirumah adalah sebagai berikut:

1. Mandi
Selain memang membersihkan diri, mandi buat saya adalah me time sekaligus moodboster untuk petualangan menjadi Ibu setiap harinya. Kebayang ya kalau sampai ga mandi, boroboro menjadi seger yang ada uring-uringan sepanjang hari (itu sih saya ya 😂)
2. Lulur mandi
Luluran minimal setiap pagi di 3-5hari pasca persalinan memang proses rileksasi yang nyata banget efeknya setelah Proses persalinan tersebut. Selebihnya atur frekuensi luluran sesuai dengan kebutuhan Ibu.
3. Minum jamu
Mengikuti tradisi alm. Ibu saya. Jamu adalah bagian yang penting dalam perawatan. Minimal ketika bersalin kunyit asam dan beras kencur jadi jamu wajib diminum selama 40hari setelah bersalin. Atau ditambah jamu godog yang ramuannya bisa dibeli di toko jamu.
4. Pakai stagen/bebengkung
Stagen atau kain panjang yang di sunda biasa disebut bebengkung merupakan tradisi Ibu yang dilakukan setelah bersalin. Biasanya panjang stagen sekitar 10-16m. Dililit dengan teknik khusus, nyaman banget ketika harus mobilitas tinggi pasca melahirkan dan tetap menggunakan stagen. Menjaga kerampingan perut. Ya mungkin lebih simpel bisa menggunakan korset ya.
Nah ternyata untuk stagen ini juga, instruktur yoga saya juga menyarankan menggunakan stagen ini. Yes!
5. Ramuan baluran
Setelah melahirkan biasanya menyisakan warna kulit yang lebih gelap sekitar perut. Ramuan sederhana terdiri dari jeruk lemon,  minyak kayu putih dan sedikit kapur sirih (yang biasa digunakan ibuibu jaman dulu untuk nyirih/nginang).


Begini perawatan versi ambu pasca melahirkan. Untuk badan mah insyaallah turun sendiri, kalau kita mengurus bayi sendiri dan menyusui. Tapi percayalah, niatkan jangan untuk diet ketika makan. Makan dengan cukup dengan menu sehat banyak buah, sayur dan minum air putih.

Ini cerita Ambu karena setiap ibu punya cerita 😍.

Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar