Pages

Belajar Menggendong Bayi Kembar

Tantangan berikutnya ketika memiliki bayi kembar adalah menggendong.  Nah, Jadi Pe-Er banget untuk bisa mengendong bayi kembar.  ketika bayi satu digendong bayi yang lain pun ingin merasakan dekapan Ambunya. Jadi harus bisa gendong langsung dua-duanya 😍

Dan yang pasti ketika Ambu sudah terlatih untuk menggendong keduanya mobilitas Ambu insyaallah lebih mudah. Insyallah bisa lebih banyak bermain dengan Idlan, sambil ngajakin bayi-bayi kacang ikut serta juga.

#Ambulyf 😂


F. A. Q. 😂
? Ah ambu pakai stroller aja kali, ngapain berat-berat
Dari jaman idlan bayi juga Ambu lebih memilih gendong, karena mobilitas pakai motor ya masa mau bawa stroller kan repot cyin 😂
Dengan catatan menggendong bukan alat keselamatan berkendara, jadi bawa bayi di motor lebih berhati-hati. Etapi ga bawa bayi juga tetap hati-hati kan berkendara mah. 
Minimal 3bulan awal Usia bayi yang sama dengan trimester ke empat kehamilan,  Ambu bisa menggendong bayi-bayi. Karena rumah kediaman masuk gang ya, tetap menggendong adalah cara paling praktis buat Ambu. 
Stroller bisa disimpan di bagasi mobil. Bisa digunakan sewaktu-waktu butuh dan salah satu bayi ingin istirahat merebahkan badannya ketika di luar rumah. 

? Digendong mulu mah tar bayi-bayinya bau tangan loh Ambu
Mending bau tangan daripada bau kaki 😂😂 kan ga enak. Saya tipe ibu yang ga percaya bau tangan, artinya itu ya cara bayi mengenali ibunya artinya bayi tau tempat paling nyaman ya IBU. 
Ya semoga bondingnya bisa lebih erat dengan menggendong, gitu deh. 

Ambu Belajar Menggendong Bayi Kembar
Ambu mengalami tsunami informasi. Banyaknya informasi mengenai gendong dan jenis gendongan semakin membuat Ambu bingung. Teknik gendongan yang banyak dan pilihan gendongan yang beragam dengan istilah-istilahnya bikin makin bingung. 

Apalagi untuk bayi kembar, yang tentu saja berbeda dengan menggendong bayi single. Yah tapi gendongan baby bjorn punya idlan dulu tatap ga kepake deh, emakemak irit ✌🏻.

Akhirnya daripada kelamaan bingung, Ambu memutuskan belajar langsung dari konsultan gendong bersertifikat internasional,  Teh Afifah mu'minah. Ternyata teh Afifah satu satunya (untuk saat ini) konsultan gendong untuk bandung dan jawa barat.

Ambu bikin janji dan minta jadwal ketemuan dengan beliau. Oh iya awal tau beliau dari tayangan di metro tv dan Ambu cuma lihat segmen terakhir menjelang penutup dan dari instagram dr. Frecillia Regina ketika ada seminar menggendong.

Prinsip memilih gendongan
Pemilihan jenis gendongan menurut teh Afifah tidak harus menggunakan gendongan yang mahal. Teknik menggendong pun disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan penggendong dan yang digendong.

Prinsip menggendong itu anak harus nyaman dan aman dalam gendongan atau dekapan, begitu juga penggendong merasa nyaman dengan menggendong.

Menggendong Bayi Kembar
Untuk menggendong bayi kembar prinsipnya sama aja dengan menggendong bayi single. Prinsipny M-shape untuk posisi kaki bayi juga tetap harus diperhatikan.

Selain itu harus diperhatikan kaidah D-E-K-A-P  A-K-U :
1. Dukung punggung,
Posisi punggung bayi harus tersangga dengan baik dengan posisi kaki M-shape.
2. Erat,
Gendongan harus cukup ketat untuk memeluk erat bayi ke pengendong
3. Kecup,
Ketika digendong bayi bisa bisa dikecup penggendong
4. Amati setiap waktu,
Penggendong dapat melihat bayi setiap waktu
5. Pernafasan bebas jauhkan dagu dari dada.
Posisi harus tidak menghambat pernafasan bayi
6. Aktifitas aman
Penggendong menghindari aktifitas yang membahayakan bayi
7. Koreksi posisi menggendong
Periksa dan koreksi posisi menggendong pastikan bayi berada ditengah dan Mshape
8. Ucapkan gemar menggendng


Ambu Belajar Tiga Jenis Teknik Gendongan
Kenapa cuma 3? Banyak banget bisi Ambu pusing 😂. Ambu pilih tiga dulu, disesuaikan dengan kebutuhan Ambu untuk menggendong bayi kembar.

1. Gendongan ringsling
Gendongan ini paling simpel dan menurut  Teh afifah ternyata jenis ini paling terpakai sampai anak gede. Gendongan ini berbahan linen dengan menggunakan ring. Pilihan ukuran ring disesuaikan dengan ukuran dan ketebalan kain.


2. Gendongan jarik dengan simpul jangkar
Prinsipnya sebetulnya sama dengan ringsling, tetapi fungsi ringsling digantikan dengan simpul jangkar. Diawal paling agak sedikit bingung bikin simpulnya. Simpul bisa ga dibongkar setelah jarik dipakai untuk menggendong.
Jarik ini juga bisa menggunakan ring, no sew ringsling.

Dan yang pasti karena menggendong menggunakan teknik, insyaallah beban bisa tersebar dengan baik jadi ya pegal pun dapat terminimalkan. Dan yang pasti posisi optimal insyaallah utk tumbuh kembang bayi.

3. Gendongan stretchy wrap denga  teknik Pocket wrap cross carrier (PWCC) 
Sederhananya menggendong jenis ini adalah teknik menggendong seperti anak kangguru yang nemplok banget di dada ibu/penggendong. Menurut Ambu teknik menggendong ini keren, filosofis trimester ke 4 kandungan dapet banget. Tapiii, kayanya memang lebih cocok untuk bayi yang baru lahir sampai sekitar 4 bulan.

Menggunakan gendongan ringsling dari @foglia.indo
Foto oleh: Teh Afifah

Dan ada kejutan, ternyata kejutannya, Teh Afifah memberikan gendongan ringsling untuk bayi kembar. Kebetulan ada titipan gendongan dari produk foglia. Silahkan diintip ig-nya @foglia.indo 😍.

Alhamdulillah, semoga usaha foglia makin berkah dan rejekinya semakin berlimpah yaa. Terimakasih juga buat teh Afifah sudah bersedia membagikan ilmunya kepada Ambu,  jazakumullah khoyron katsiron.


Ambu butuh jam terbang dalam menggendong. Agar  ketika menggendong bayi-bayi kacang, mereka merasa nyaman dan aman didekapan Ambu. Ambu pun bisa beraktifitas karena dengan menggendong tangan Ambu bisa sambil menyelesaikan pekerjaan ringan dan sambil berkegiatan sederhana dengan Idlan.

Tidak sekadar menggendong, karena menggendong pun ada ilmunya. Dan sejatinya menggendong itu adalah mendekap dengan erat sehingga terjalin bonding yang kuat pula antara Ibu dan Anak.

Alhamdulillah proses belajarnya Ambu untuk meningkatkan kemampuan diri demi membersamai bayi-bayi kembar satu persatu Allah mudahkan. Ini cerita Ambu karena setiap Ibu punya cerita.

Bandung, 1 Mei 2018




Mansu Kids

4 komentar: