Pages

Resep Rendang Ala Emak

Di keluarga Ambu kurang lengkap rasanya apabila hari raya tanpa ada sajian rendang. Biasanya Ibu selalu membuat rendang komplit dengan nasi minyak khas jambi dan tidak lupa ketupat sayurnya. Dan ini lebaran pertama tanpa Ibu 😥, Alfatihah buat almarhumah.   Dan Ambu harus bisa bikin sendiri.


Tahun lalu sih bikin, tapi masih diawasi oleh almarhumah Ibu. Kali ini harus percaya diri masakan Ambu bisa seenak masakan almh Ibu. 

Tips mengiris daging agar lebih mudah dipotong dengam sendok ketika dimakan, potong Bertentangan dengan serat daging. Menurut Almh. Ibu dari satu kilogram daging sapi bisa jadi 25-30potong daging.

Resep ini untuk sekilo daging sapi silahkan konversi sendiri untuk jumlah yang lebih banyak atau sedikit. Kalau di Jambi tinggal bilang mau bikin rendang berapa banyak semua bumbu sudah diracik tinggal sreeng masak. Di Bandung saya belum ketemu yang bisa begitu. 

Rempah utama
Untuk rempah rendang terdiri dari: kayu manis, cengkeh, kapulaga, kembang lawang, asam kandis, ketumbar, jinten, pala.
Bisa di Beli di pasar tradisional khusus penjual bumbu masakan tradisional. Biasanya sudah dikemas kecil dalam plastik kecil dan untuk satu kilogram daging sapi menggunakan 3-4 bungkus bumbu rendang. 
Rempah kayu manis, cengkeh, kapulaga, kembang lawang, dan asam kandis akan di cemplung ke dalam masakan.
Sedangkan ketumbar, jinten, dan pala  akan dihaluskan bersama bumbu halus.




Bumbu yang dihaluskan:
1. Bumbu utama ketumbar, jinten, pala
2. 1ons boleh lebih bawang merah
3. 1ons bawang putih
4.  1ons jahe 
5. 1 ons lengkuas
6. 1ons cabai keriting boleh ditambah kalau suka pedas


Bahan yang lain
1. Garam
2. Gula Merah
3. 1kg santan 
4. Robek 6 lembar Daun jeruk dan 
5. Iris tipis 3 lembar daun kunyit ukuran besar
6. Robek 4 lembar daun salam segar
7. 3 sereh besar (sekitar 50 gram) memarkan
8. Sedikit minyak untuk menumis. 

Cara memasak
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan.  Masukan daun jeruk, daun kunyit, daun salam dan batang sereh yang sudah dimemarkan. Masukan kayu manis, cengkeh, kapulaga, kembang lawang, dan asam kandis. Sampai harum. Masukan daging.

Kemudian masukan santan secara bertahap sampai daging terendam Bumbu seluruhnya. Setelah daging empuk. Masukan garam dan gula merah. Koreksi rasa. Masak sampai santan dan bumbu menyusut. Biasanya sekitar 1jam durasi memasaknya. Tapi ga repot sih karena ketika memasak bisa disambi memasak atau mengerjakan yang lain, hanya perlu diaduk-aduk.


Ambu suka rendang yang berbumbu banyak. Terkadang lebih nyari bumbunya ketimbang dagingnya 😂. Alhamdulillah hari Raya idul Fitri Kali ini bisa menyajikan rendang dengan resep keluarga. 

Ini cerita ambu karena setiap ibu punya cerita.

Bandung, 30 juni 2018

Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar