Pages

Spech Delay itu adalah

Keterlambatan bicara adalah kondisi dimana perkembangan bahasa anak mengikuti pola yang seharusnya namun lebih lambat. Di sisi lain, gangguan bahasa adalah kondisi dimana perkembangan bahasa anak tidak mengikuti pola yang seharus.

Pasti ada kerisauan pada orangtua, apabila ada fase pertumbuhan anak yang agak tidak sesuai dengan teman-teman seusianya. Menjelang usia Idlan 2tahun doi belum punya banyak kosakata, padahal pas bayi cerewetnyaa tiada tara. umur 7 bulan udah bisa baceo dan bilang "ada-ada aja" dan itu Saya video-in. hehehe. masuk ke 18months menuju ke 2tahun doi lebih diam. Untuk memanggil saya "Ambu" idlan harus distimulus di "gelitikin" sama ayahnya biar dia "terpaksa" teriak "Ambu" dalam upayanya mencari "pertolongan". Rasanya gimana gitu tiap kali idlan memanggil saya, doi sebut saya " Ayah" :'(

Sejujurnya sempat ada rasa deg-degan sih, tapi pas baca di buku bunda sayang 12 ilmu dasar mendidik anak, fikiran saya mulai terbuka. Tiap anak lahir dengan paket keunikan masing-masing. " Pada otak anak laki-laki, lokasi pusat kosakata 'hanya' pada otak kiri. sementara pada anak perempuan, lokasi tersebut berada di belahan otak kanan dan kiri
hal ini jelas menghasilkan produksi kosakata yang berbeda". Inilah mungkin yang mengakibatkan wanita lebih 'cerewet' daripada pria hehe, wanita bisa mengeluarkan 20 ribu jumlah komunikasi sedangkan pria hanya mampu mengeluarkan sebanyak 7 ribu.

percaya kalau setiap anak itu unik! Alhamdulillah jadi legaaa, pas usia 22month idlan fasih memanggil saya "Ambu", dan di 2tahun ini alhamdulillah kosakata juga semakin bertambah. tetapi menurut saya mah, pada dasarnya jika anak terlambat bicara namun mengerti semua yang diucapkan kepadanya dan mampu berinteraksi dengan baik di sekitarnya, maka perihal ‘anak terlambat bicara’ ini dapat ditoleransi. 

Apabila anak terlambat bicara dan disertai dengan anak tidak mengerti dengan yang diucapkan oleh orang lain, hiperaktif, tidak mau merespon jika dipanggil, bicara bahasa yang tidak dimengerti, gejala kelainan saraf, gangguan pendengaran, gangguan kecerdasan atau gangguan psikologis maka segera bawa anak kepada dokter spesialis anak.

Pernah baca artikel Ayah Edy tentang ciri-ciri anak yang dominan otak kanan salah satunya spech delay atau kempuan bicara yang terlambat. ya, mungkin karena otak kanan lebih berkembang daripada otak kiri yang berstatus pusat kosakata.

Beberapa cara untuk melatih anak untuk berbicara adalah:
1.Memperbanyak bermain dengan anak sehingga proaes interaksi terjadi. mengenalkan kosakata lewat peran ketika bermain sehingga anak mengerti kosakata tersebut dengan sendirinya.
2. mengajak anak bermain dengan teman-teman seusianya, ini upaya aga anak termotivasi untuk bisa berkomunikasi dengan teman bermainnya
3. Selalu ajak anak berkomunikasi
4. mengucapkan setiap kata dengan jelas misal: susu bukan cucu dan lain sebagainya
5. menggunakan kalimat yang pendek
6. Menggunakan bahasa ibu, artinya tidak dianjurkan mengajarkan anak lebih dari satu bahasa apabila belum lancar bicara.
7. Terapi wicara dengan Ahli untuk kasus tertentu.
8. Tetap semangat dan sabar melatih si kecil.

Sebagai orangtua mari kita lebih banyak belajar, jangan lebih banyak "melabelin" anak-anak kita. semoga si kecil tumbuh sehat dan sempurna serta menjadi anak soleh/solehah.

Ini cerita Saya karena setiap Ibu punya cerita.
Bagaimana ceritamu?

#ODOP99Days
#Days21
#spechdelay

Sumber :
buku bunda sayang 12 ilmu dasar mendidik anak
Www.AyahKita.blogspot.com
http://quotesgram.com/parents-are-teachers-quotes/

Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar