Pages

Bola-Bola Daging Cincang

Pas ke gramedia beberapa waktu lalu, saya beli beberapa buku yg diskon, buku-buku yang menurut saya bagus harga setelah diskon jadi kira-kira 5-10rb/bukunya. Akhirnya saya membeli beberapa buku, termasuk buku resep masakan.

Idlan yang emang agak irit makannya, berat badannya ga nambah banyak. Emang sih saya menerapkan BLW, dan sesekali suapin doi kalau doi minta, tapi tetep ya yang namanya emak-emak mah, pasti galau kalau anaknya lagi diet begitu.

Berusaha percaya sama kemauan dan kebutuhan idlan untuk makan, tapi lihat berat badanya stagnan ya deg-degan emaknya. Doi pasti makan tapi ga banyak. Tapiii, balik lagi ke berat badan dan komentar orang-orang sekitar *timpukin pake bantal.

Berusaha mempercayai si juragan kecil memahami kondisi tubuhnya, tapi tetep ya Ambunya berusaha nyari ilham buat pilihan menu. Membaca buku masaknya karya  Rinto hapsari. Nemu resep bakso daging cincang. Aha!

Resep saya modifikasi sesuai dengam bahan yang ada di rumah. buat ini pas sebelum puasa, sisa baso saya bekukan. Untuk persediaan.

Silahkan disimak semoga bermanfaat..

Bola-bola daging ala ambu

Bahan:
1. 150 gram daging sapi (cincang)
2.  50 gram wortel (serut pake parutan keju)
3. 2 sdm tepung roti
4. 1 sdm terigu
5. 1 sdm saos tiram
6. 1 sdm bawang bombay sudah dicincang
7. 1 butir kuning telur
8. Garam secukupnya
9. Merica bubuk secukupnya

Cara membuat:
Aduk rata semua bahan. Bentuk setiap satu sendok makan adonan daging menjadi bundar.

Untuk penyajian baso goreng, Goreng bola-bola daging tersebut hingga matang, angkat, tiriskan. Santap selagi hangat. Oh iya, bisa diisi dengan keju ya adonan dagingnya. Kalo saya pake keju quitmealt itu potongin kecil bentuk dadu, kemudian bentuk bulat adonan daging.

Untuk stok baso, panaskan air, masukan adonan bola-bola daging yang sudah dibulatkan tersebut ke dalam air yang sudah mendidih. Angkat ketika bola-bola daging sudah mengambang. Tiriskan, dinginkan dan masukan kedalam kotak makanan. Simpan di dalam freezer.  Bola-bola daging dapat digunakan ketika kita butuhkan. Maksudnya sih buat stok bulan puasa ini.

Ini cerita Ambu karena setiap Ibu punya cerita. Bagaimana ceritamu...

#odop
#onedayoneposting
#days15

*ps: maaf ga ada poto masakannya, haha hasil potonya ga bagus dan males pake kamera, hehehe. Lagian lagi puasa jugaaa kan hehehe.

Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar